Walaupun Sebagian Orang Tidak Menyukai,Ternyata Petai Punya Banyak Manfaat, Yuk Baca

Walaupun Sebagian Orang Tidak Menyukai,Ternyata Petai Punya Banyak Manfaat, Yuk Baca

Petai Punya Banyak Manfaat-Foto: Internet-

12. Mengontrol Gula Darah

Gula darah dalam tubuh manusia berperan banyak dalam kesehatan, termasuk untuk menimbulkan risiko penyakit berbahaya seperti diabetes, apabila kadarnya tidak dapat terkontrol.

Beruntungnya, petai juga dapat menjadi solusi untuk masalah kesehatan yang melibatkan gula darah.

Kandungan antioksidan, zat kimia beta-sitosterol dan stigmasterol pada petai mampu menjaga gula darah agar tidak melonjak naik. Dengan kadar gula darah yang terjaga, dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit diabetes.

Tidak heran jika petai menjadi sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, tentunya dengan diiringi kebiasaan membatasi asupan gula.

Penelitian yang dilakukan Universiti Pertanian Malaysia menemukan bahwa manfaat petai mengandung ekstrak kloroform yang secara signifikan mengurangi kadar glukosa darah. Pengujian ini dilakukan pada tikus dengan keadaan diabetes yang diinduksi aloksan.

Hasil studi tersebut juga menemukan bahwa efek hipoglikemik pada petai dikaitkan dengan dua sterol utama yang ada dalam buncis dan kacang polong. Ketiga jenis legum ini diketahui bekerja secara sinergis untuk menghasilkan efek anti-diabetes.

Meski begitu, penelitian yang dilakukan tersebut masih terbatas pada hewan.

Dibutuhkan lebih banyak jurnal klinis untuk membuktikan secara akurat manfaat petai untuk mengontrol gula darah pada manusia.

13. Menurunkan Tekanan Darah dan Mencegah Hipertensi

Tak hanya diabetes, manfaat petai dalam mengontrol gula darah serta menjaga tekanan darah agar tetap stabil juga dapat menurunkan risiko penyakit hipertensi.

Menurut Badan Pangan dan Obat-obatan Amerika Serikat, petai yang memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi dan rendah garam mampu mengatasi tekanan darah tinggi yang berisiko pada penyakit jantung hingga stroke.

Namun hal ini bukan berarti petai dapat secara instan mengatasi tekanan darah tinggi.

Penderita gangguan tekanan darah dianjurkan untuk mengonsumsi petai dengan jumlah wajar serta diiringi dengan penerapan gaya hidup sehat sehari-hari.

14. Menangkal Radikal Bebas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: