Walaupun Sebagian Orang Tidak Menyukai,Ternyata Petai Punya Banyak Manfaat, Yuk Baca

Walaupun Sebagian Orang Tidak Menyukai,Ternyata Petai Punya Banyak Manfaat, Yuk Baca

Petai Punya Banyak Manfaat-Foto: Internet-

17. Memperbaiki Masalah Sistem Pencernaan

Manfaat petai dipercaya baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, terutama organ lambung. Bahkan masalah luka lambung juga dapat diatasi dengan mengonsumsi petai.

Petai dipercaya mampu menetralkan asam lambung serta mengurangi iritasi pada lambung. Setelah asam lambung dinetralkan, petai juga akan melapisi permukaan bagian dalam lambung.

Kandungan serat dalam petai juga membuat sayuran ini bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan dan mampu mengatasi masalah pada pencernaan, termasuk sembelit.

Petai juga memiliki efek antasid yang mampu meredakan rasa mulas pada perut.

- Efek Samping Petai 

Menurut Health Guide Net, petai aman dan tidak ada efek samping yang terbukti secara ilmiah. Kecuali jika mengonsumsinya secara mentah.

Apalagi, petai mengandung senyawa yang disebut lektin, glikoprotein yang ada di banyak makanan nabati yang biasa dikonsumsi.

Masalahnya, lektin yang ditemukan dalam petai mentah dan setengah matang bersifat racun.

Ada beberapa efek samping lektin untuk kesehatan manusia, termasuk reaksi alergi dan defisiensi nutrisi. Tapi, efek samping yang paling sering terjadi adalah gangguan pencernaan.

Selain itu, petai juga mengandung protein tinggi yang jika dikonsumsi dalam jangka panjang, dapat menyebabkan efek buruk pada ginjal.

Lebih penting lagi, setelah Moms makan petai ini, aroma baunya tidak berhenti saat makan, tapi juga dapat memengaruhi aroma urin.

Bau menyengat ini sangat menyebar dan dapat bertahan di sistem ekskresi tubuh dan di mulut selama dua hingga tiga hari, hal ini yang membuat petai dikenal sebagai kacang yang berbau.

Selain itu, dalam Awakening State, tidak jarang terjadi perut kembung akibat gas yang terbentuk dari pemecahan karbohidrat kompleks di saluran pencernaan, terutama jika petai tidak dimasak dengan benar.

Karena itu, disarankan untuk terlebih dahulu merendam petai sebelum dikonsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: