Optimalkan Perpustakaan Desa di Lebong! Ikuti Bimtek dan Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Optimalkan Perpustakaan Desa di Lebong! Ikuti Bimtek dan Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Pelayanan: Tampak pelayanan membaca buku di Perpustakaan di Lebong. -foto : carles/radarlebong-

LEBONG,RADARLEBONG.ID- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Lebong terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas pengelolaan perpustakaan di tingkat desa.

Upaya ini diwujudkan dengan menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang Pengelolaan Perpustakaan bagi para pengelola perpustakaan desa, sekolah, dan komunitas pegiat literasi.

Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas tenaga perpustakaan dan pustakawan dalam mengelola perpustakaan dengan baik dan efektif.

Sebanyak 14 orang peserta yang terdiri dari pengelola perpustakaan desa, sekolah, dan komunitas pegiat literasi di Kabupaten Lebong akan mengikuti Bimtek yang akan dilaksanakan di Bengkulu pada tanggal 10 Juli mendatang.

BACA JUGA:Kapan Pelantikan Kepala Dinas Lebong Hasil Lelang JPTP? Ini Kata Bupati Lebong

Para peserta diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dan antusiasme untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam mengelola perpustakaan.

Menurut Plt. Kepala DPK Lebong, Edi Suhaimi, S.Pd., melalui Kabid Pengolahan Layanan Pelestarian Bahan Pustaka, Riza Susanti, S.Sos, MAP, perpustakaan merupakan sarana penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), khususnya bagi generasi muda.

Dengan mengikuti Bimtek ini, diharapkan para pengelola perpustakaan desa dapat meningkatkan kapasitas

mereka dalam mengelola perpustakaan dengan baik sehingga dapat memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat.

BACA JUGA:PPDB Lebong 2024/2025: Pastikan Transparan dan Sesuai Regulasi!

"Para peserta yang nantinya akan mengikuti Bimtek di Bengkulu, diharapkan dapat berinovasi dan mengembangkan perpustakaan yang ada di desa. Dengan demikian, perpustakaan desa dapat menjadi tempat yang menarik dan bermanfaat bagi masyarakat untuk meningkatkan minat baca," ungkap Susan, sapaan akrab Riza Susanti.

Lebih lanjut, Susan menjelaskan bahwa materi yang akan disampaikan dalam Bimtek ini meliputi:

Pengadaan dan pengolahan bahan pustaka

Pengembangan dan pelestarian bahan pustaka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: