Capaian Pungutan Retribusi Wisata di Lebong, PerOktober Segini

Capaian Pungutan Retribusi Wisata di Lebong, PerOktober Segini

Capaian Pungutan Retribusi Wisata di Lebong, Per Oktober Segini --

RADARLEBONG.ID - Per oktober 2023, Dinas Pariwisata Pemuda dan olahraga (Disparpora) Kabupaten Lebong mencatat PAD retribusi wisata yang ditarget sekitar Rp 70 juta sudah terealisasi 73 persen atau diangka Rp 51 juta. 

Target retribusi tersebut dibebankan untuk 3 objek wisata yang ada di Kabupaten Lebong yakni objek wisata Danau Picung Kecamatan Tubei, Air Putih di Kecamatan Pinang Belapis dan objek wisata Pulau Harapan di Kecamatan Lebong Selatan.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Lebong Riki Irawan, S.Sos, M.Si, mengatakan dari 3 objek wisata tersebut, satu diantaranya diketahui sudah melunasi target PAD yang dibebankan.

Sementara dua objek wisata lainnya juga sudah melakukan penyetoran PAD meski belum memenuhi target. Objek wisata yang telah melunasi Retribusi wisata yaatu Pengelola objek wisata Air Putih.

BACA JUGA:Cacam, Objek Wisata Pulau Harapan Pertama Setor Retribusi ke Kas Daerah Lebong

"Baru Pengelola objek wisata Air Putih yang 1sudah melunasi target PAD. Sementara untuk pengelola Danau Picung dan Pulau Harapan belum sepenuhnya," katanya.

Pihaknya pun, lanjut Riki,  akan kembali menyurati pengelola untuk bisa segera menyetorkan PAD yang sudah ditargetkan.

Dalam pihaknya untuk memenuhi target yang sudah ditentukan oleh Pemkab Lebong melalui Bidang Pendapat BKD Lebong masih kurang sekitar 18 juta lagi. 

“Pengelola bisa menyetorkan langsung ke kas daerah untuk kemudian dilaporkan kepada kami.

BACA JUGA:Jalan Menuju Objek Wisata Penyumbang PAD di Lebong Makin Mengkhawatirkan

Jika target PAD untuk satu tahun langsung dipenuhi pengelola wisata tentu ini lebih baik," ungkapnya.

Dirinya memastikan capaian realisasi PAD tahun ini akan menjadi salah satu bahan evaluasi terhadap masing-masing pengelola objek wisata. Bukan tidak mungkin pengelola akan diganti jika mereka tidak bisa menjalankan kewajibannya.

"Insyallah tahun ini target yang sudah dibebankan bisa sepenuhnya terpenuhi, serta tercapai terget 100 persen sebelum akhir tahun ini," demikiannya. (bye)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: