Mumpung Ada Kesempatan, Kemenag Buka Beasiswa Kuliah Satu Semester ke Luar Negeri Gratis, Catat Syaratnya

Mumpung Ada Kesempatan, Kemenag Buka Beasiswa Kuliah Satu Semester  ke Luar Negeri Gratis, Catat Syaratnya

Kemenag mengumumkan 20 nama penerima beasiswa universitas al-azhar mesir.-foto : internet-

RADARLEBONG.ID - Kementerian Agama melalui Dirjen Pendidikan Islam Kemenag menginformasikan bagi para mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) memberikan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa kuliah satu semester ke luar negeri gratis.

Dikutip dari laman kemenag ri., Pendaftaran seleksi program ini dibuka pada 15 sampai 26 Juni 2023. Peserta yang memenuhi syarat dan berminat bisa mendaftar melalui laman beasiswa.kemenag.go.id.

Adapun, program beasiswa yang digulirkan bertajuk MORA Overseas Student Mobility Awards (MOSMA) tahun 2023. Program ini berupa perkuliahan maksimal satu semester (durasi maksimal enam bulan) di kampus luar negeri yang dapat dikonversi ke dalam SKS (Satuan Kredit Semester) di kampus asal.

Direncanakan Kemenag, menyiapkan dua skema penempatan perguruan tinggi. Pertama, mahasiswa akan memilih perguruan tinggi tujuan sesuai pilihan mereka sendiri.

BACA JUGA:Melesat! Jumlah Hewan Qurban Sumbangan dari ASN Lebong

BACA JUGA:Pilu, Kakek di Lebong Ini Meminta Keadilan Ganti Rugi Lahan Kebun Kopinya Terdampak Pembangunan Bendungan

Kedua, mahasiswa akan difasilitasi penugasannya pada universitas yang ditetapkan oleh Kementerian Agama.

Program ini diperlukan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman mahasiswa melalui studi di luar negeri.

Sehingga, mereka memiliki wawasan berpikir keilmuan, berinteraksi global, bersikap terbuka, dapat beradaptasi dengan kultur perkuliahan, mandiri dan percaya diri, serta memperkuat kebanggaan sebagai warga negara Indonesia.

Program ini dibuka, bagi mahasiswa sarjana (S1), magister (S2), dan doktoral (S3). Ada 42 perguruan tinggi yang bisa menjadi pilihan, baik di ASEAN, Asia, Australia, Amerika, dan Eropa.

BACA JUGA:BKN Kanreg 7 Sampaikan Perkembangan Penetapan NI PPPK Guru 2022, Lebong Salahsatunya

BACA JUGA:Hanya Modal KTP, Ini Cara Ajukan Pinjaman Online BPJS Ketenagakerjaan Rp25 Juta Bisa Cair dalam 30 Menit

Peserta program ini akan mendapat 20 angka kredit yang dapat ditransfer ke Perguruan Tinggi Asal di Indonesia. Selain itu, mahasiswa juga dapat submit artikel Jurnal bereputasi Internasional, khususnya bagi mahasiswa magister dan doktoral.

Diharapkan dengan program ini dapat meningkatkan jaringan internasional melalui pertemuan mahasiswa lokal dan internasional, dosen dan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: