Waspada Cuaca Makin Panas! Cek 6 Tanda Apakah Kamu Salah Satu Mengalami Dehidrasi Pada Tubuhmu?

Waspada Cuaca Makin Panas! Cek 6 Tanda Apakah Kamu Salah Satu Mengalami Dehidrasi Pada Tubuhmu?

Waspada Cuaca Makin Panas! Cek 6 Tanda Apakah Kamu Salah Satu Mengalami Dehidrasi Pada Tubuhmu?-foto: istimewa Internet-

RADARLEBONG.ID - Dehidrasi merupakan kondisi saat cairan tubuh yang masuk lebih sedikit dibandingkan dengan cairan tubuh yang keluar.

Hal ini bisa mengakibatkan tubuh tidak mampu berfungsi dengan baik.
Tentunya, air di dalam tubuh punya peran yang sangat penting, yaitu membantu kerja dari sistem pencernaan, membuang racun dan kotoran ke luar, membantu menstabilkan suhu tubuh, dan menjadi pelumas alami bagi sendi.
Pada kasus dehidrasi berat, apabila tidak ditangani dengan segera, bisa menyebabkan kematian.

Beberapa penyebab dehidrasi yang cukup sering terjadi antara lain:
1. Tangan dan Kaki Terasa Dingin
Karena tidak mendapatkan distribusi darah dan cairan yang cukup, maka organ-organ di dalam tubuhmu akan didahulukan dalam distribusi darah.

Alhasil, suplai darah ke bagian perifer seperti ujung jari kaki dan tangan akan dikorbankan. Karena alasan ini, bagian ujung jari tangan ataupun kaki bisa menjadi dingin.

BACA JUGA:Uang Baru Pecahan Rp 1 Juta, Namun Tidak Bisa Untuk Di Belanjakan,Mari Cek Faktanya?BACA JUGA:Hari Raya Waisak, 6 Mei atau 4 Juni 2023, Begini Penjelasan Kemenag

2. Jantung Berdebar Ketika dehidrasi, untuk memenuhi kebutuhan suplai darah ke seluruh organ tubuh, maka jantung kamu akan bekerja lebih ekstra untuk memompa darah.Agar organ tetap mendapatkan suplai darah yang cukup, jantung akan berdetak lebih cepat.
Pada keadaan ini penderita dapat merasakan jantungnya menjadi berdebar-debar melebihi kondisi normal.

3. Badan Lemas
Apabila tubuh terasa semakin lemas dan malas untuk minum air mineral, kamu harus waspada. Sebab pada saat itulah dehidrasi di dalam tubuhmu akan semakin memburuk.

4. Kesadaran Menurun
Setelah badan menjadi semakin lemas, yang akan terjadi berikutnya adalah penurunan kesadaran.
Berawal dari respon yang semakin berkurang, lama-kelamaan apabila dehidrasi tidak diatasi bisa menyebabkan kehilangan kesadaran.
Hal ini terjadi karena otak tidak mendapatkan suplai darah yang cukup. Padahal, tubuh kamu memerlukan air sebagai transportasi untuk membawa darah ke seluruh tubuh.

5. Mata Cekung
Tanda dehidrasi lainnya yang mudah untuk kamu temukan adalah mata menjadi cekung.
Jika bagian bawah kelopak matamu menjadi semakin besar dan mata terlihat sayu, artinya kondisimu telah memasuki kategori dehidrasi sedang dan dapat berpotensi menuju dehidrasi berat.

BACA JUGA:Kemarau Akan Melanda Bengkulu, Muko-Muko Kabupaten Pertama Terdampak Kekeringan BACA JUGA:Tak Hanya Merekam dan Menyebar, Pemuda Lebong yang Baru Ditangkap Polisi Ini juga Nekat Memeras Pemeran Video

6. Bibir Kering Sama seperti dengan mata yang menjadi cekung, tanda dehidrasi lainnya adalah bibir menjadi kering.
Selain bibir yang mengering, mukosa mulut (rongga mulut) pun juga akan menjadi kering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: