Ajak Warga Jaga Kebersihan, Bupati Lebong Turun Tangan Pungut Sampah

Ajak Warga Jaga Kebersihan, Bupati Lebong Turun Tangan Pungut Sampah

Sampah: Bupati Kopli Ansori turun tangan memungut sampah berserakan di Lapangan Hatta Kampung Muara Aman kemarin. -foto : amri rakhmatullah/radarlebong-redaksi

LEBONG, RADARLEBONG.ID - Ada yang menarik dari pelaksanaan kegiatan jalan santai bahagia yang dipusatkan di Lapangan Hatta Kampung Muara Aman ini kemarin (16/12).

Bagaimana tidak, usai pelaksanaan kegiatan ini Bupati Lebong, Kopli Ansori yang merupakan orang nomor satu di Kabupaten Lebong ini tak segan turun tangan memungut sampah yang berserakan.

Ternyata, sampah-sampah ini tidak hanya berasal dari peserta kegiatan jalan santai bahagia saja.

Namun juga, dari hiburan pasar malam yang juga berada di Lapangan Hatta yang menjadi pusat kegiatan HUT Kabupaten Lebong ke-19 tahun 2022.

BACA JUGA:Penanganan Sampah di Lebong Gunakan Pihak Ketiga, Ini Alasannya

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lebong Indra Gunawan, SPi, MSi, mengungkapkan bahwa pengelolaan sampah dari kegiatan hiburan pasar malam ini merupakan kewenangan dari Pemerintah Desa (Pemdes) setempat dan pihak penyelenggara hiburan pasar malam.

"Retribusi kebersihan dilokasi ini, dipungut oleh Pemdes. Jadi untuk penanganan sampah menjadi tanggung mereka. Tapi kita tetap mensupport dengan mengangkut dari TPS menuju ke TPA," kata Indra.

Terkait dengan kondisi ini, ia meminta kepada penyelenggara hiburan pasar malam dan Pemdes Kampung Muara Aman untuk segera membersihkan sisa-sisa sampah yang masih berserakan.

Apalagi, dalam beberapa hari kedepan, Lapangan Hatta akan digunakan sebagai pesta rakyat malam puncak peringatan HUT Kabupaten Lebong yang menghadirkan duo artis ibukota Pasha Ungu dan Lady Rara.

BACA JUGA:Drainase Penuh Sampah, Lurah Imbau Warga Sadar

"Kami minta sampah-sampah ini segera dibersihkan dan dibuang pada TPS yang tersedia, agar petugas kami bisa segera mengangkutnya ke TPA," lanjutnya.

Disisi lain, ia menilai jika banyaknya sampah yang berserakan ini menandakan banyaknya warga yang datang ke Lapangan Hatta untuk memeriahkan rangkaian kegiatan HUT Kabupaten Lebong yang ke-19 tahun 2022.

"Meski demikian, hal ini bukan menjadi alasan bahwa sampah itu dibiarkan begitu saja. Harus tetap dibersihkan, agar wilayah ini tetap bersih dan nyaman dikunjungi masyarakat," tambahnya.

Indra juga mengimbau kepada masyarakat, penyelenggara hiburan pasar malam dan Pemdes setempat untuk menjaga kebersihan Lapangan Hatta ini.

"Kasian masyarakat, kalau kondisi kotor dan berserakan sampah. Jadi kami imbau kepada penyelenggara hiburan pasar malam dan pemdes, untuk segera membersihkan lokasi tersebut," singkat Indra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: