Penanganan Sampah di Lebong Gunakan Pihak Ketiga, Ini Alasannya

Penanganan Sampah di Lebong Gunakan Pihak Ketiga, Ini Alasannya

DLH Lebong bakal menggunakan pihak ketiga dalam penanganan sampah-Foto Amri Rakhmatullah/radarlebong-redaksi

LEBONG, RADARLEBONG.ID - Sebagai upaya meningkatkan pelayanan kebersihan yang prima dan maksimal kepada masyarakat.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebong berencana akan menggunakan pihak ketiga dalam mengelola pengangkutan sampah,.

"Terkait rencana dan kebutuhan anggarannya sudah kita sampaikan dan berharap bisa disetujui oleh DPRD Lebong," kata Indra.

Lanjut Indra, ada beberapa alasan mengapa pihaknya memilih menggunakan pihak ketiga dalam pengelolaan pengangkut sampah ini. Pertama dengan sistem outsourcing dirasa bisa meningkatkan kesejahteraan petugas kebersihan yang selama ini berstatus Tenaga Harian Lepas Terkontrak (THLT). 

BACA JUGA: Armada Truk Amrol Sampah Bertambah 1 Unit

Alasan lainnya, dengan melibatkan pihak ketiga diharapkan bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi sampah. Kemudian armada angkutan sampah yang kita miliki juga bisa disewakan oleh pihak ketiga.

"Tentunya penyewaannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku," jelasnya.

Apalagi selama ini pihaknya kesulitan untuk memenuhi petugas bongkar muat sampah karena minimnya minat dari masyarakat itu sendiri. 

Ditambah lagi, saat ini petugas yang ada rata-rata sudah berusia tua. Dengan sistem outsourcing ini tentunya minat masyarakat bisa meningkat karena sistem penggajiannya sesuai dengan upah minimum yang ditetapkan pemerintah.

"Diharapkan dengan menggunakan jasa pihak ketiga, bisa meningkatkan upah para petugas bongkar muat sampah," tukasnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: