Untuk ke 2 Kalinya, Pemkab Lebong Diganjar Penghargaan UHC

Untuk ke 2 Kalinya, Pemkab Lebong Diganjar Penghargaan UHC

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin yang telah diterima langsung oleh Bupati Lebong Kopli Ansori, S. Sos pada Kamis, 8 Agustus 2024 di Krakatau Grand Ballroom TMII, Jakarta Timur.-foto : istimewa-

LEBONG.RADARLEBONG.ID- Untuk ke 2 kalinya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) LEBONG Provinsi Bengkulu kembali diganjar penghargaan Universal Health Coverage (UHC).

Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) diserahkan langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin yang telah diterima langsung oleh Bupati Lebong Kopli Ansori, S. Sos pada Kamis, 8 Agustus 2024 di Krakatau Grand Ballroom TMII, Jakarta Timur.

Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) ini merupakan Sistem Penjaminan Kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan Promotif, Preventif, Kuratif dan Rehabilitatif bermutu dengan biaya terjangkau. 

" Tentunya penghargaan Universal Health Coverage (UHC) ini akan menjadi pelecut bagi Pemkab Lebong untuk terus meningkatkan kualitas layanan kesehatan," kata Bupati dalam Keterangannya.

BACA JUGA:Mulai 1 Agustus, BPJS Kesehatan jadi Syarat Buat SKCK

Sementara itu, dilansir dari laman youtube BPJS Kesehatan, Direktur Utama BPJS kesehatan, Ali Ghufron Mukti dalam keterangannya, menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi bagi pemerintah daerah tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota yang telah mencapai cakupan Universal Health Coverage (UHC) dan berkomitmen mendukung Program JKN. 

"Terdapat 33 Provinsi dan 460 Kabupaten / Kota. 96 kota, 364 Kabupaten yang telah berhasil mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) di wilayahnya, dengan cakupan kepesertaan JKN lebih dari 95 persen dari total penduduk, dan Pemerintah Daerah telah mendaftarkan penduduknya pada segmen PBPU Pemda," ujar Ghufron dalam sambutannya, Kamis (8/8/2024).

Dia menjelaskan, kepesertaan JKN terus meningkat dari tahun ke tahun.

Sampai dengan 1 Agustus 2024 tercatat cakupan perlindungan kepesertaan Program JKN telah mencapai 276.520.647 jiwa, atau lebih dari 98% dari total Penduduk pada semester I tahun 2024 sejumlah 281.603.800 jiwa. 

Atas hal tersebut, capaian Universal Health Coverage (UHC) ini menjadikan Program JKN sebagai program jaminan kesehatan terbesar di dunia dengan skema tunggal terintegrasi.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: