Muktamar Muhammadiyah ke 48, Berikut 13 Nama Anggota PP Muhammadiyah Terpilih Periode 2022-2027

Muktamar Muhammadiyah ke 48, Berikut 13 Nama Anggota PP Muhammadiyah Terpilih Periode 2022-2027

Jalannya pemungutan suara pemilihan 13 anggota PP Muhammadiyah-foto : fin.disway.id-

JAKARTA, RADARLEBONG.ID - Usai resmi dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah yang digelar di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu 19 November 2022.

Pelaksanaan Muktamar kembali dilanjutkan dengan sidang Tanwir untuk memilih 13 nama anggota PP Muhammadiyah dilaksanakan di Edutorium KH Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), sabtu malam.

Jalannya pemilihan sidang Tanwir tahun ini berbeda dibanding tahun 2017 lalu, yang hanya menggunakan 10 bilik suara dengan 207 pemilih peserta Tanwir.

Namun, pada sidang tanwir tahun 2022 ini menggunakan 50 bilik suara dengan sistem pemanggilan peserta Muktamar 48 panitia sidang Tanwir secara bergantian oleh Panitia Pemilihan (Panlih).

BACA JUGA:Jelang Muktamar, Begini Cara Pelaku Gasak Kotak Amal Masjid Muhammadiyah Lebong

Ketua Umum dan Ketua PP Muhammadiyah menjadi yang pertama dipanggil untuk menyalurkan hak pilihnya.

Kemudian, dilanjutkan dengan  secara berurutan perwakilan di daerah-daerah dari wilayah timur Indonesia, tengah dan sampai ke barat. 

Terpantau pelaksanaan di lapangan proses pemilihan berjalan dengan lancar dan teduh. Peserta berjajar rapi sesuai dengan urutan.

Setelah pemilih menyalurkan hak pilihnya, akhirnya terpilih 13 nama anggota Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah masa jabatan periode 2022-2027.

BACA JUGA:Kotak Amal Masjid Al-Jihad Muhammadiyah Lebong Digondol Maling, Terduga Pelaku Terekam CCTV

Berikut tiga belas nama terpilih yakni :

1.Haedar Nashir (2.203)

2. Abdul Mu'ti (2.159)

3. Anwar Abbas (1.820)

4. Busyro Muqoddas (1.778)

5. Hilman Latief (1.675)

6. Muhadjir Effendy (1.598)

7. Syamsul Anwar (1.494)

8. Agung Danarto (1.489)

9. Saad Ibrahim (1.333)

10. Syafiq A Mughni (1.152)

11. Dadang Kahmad (1.119)

12. Ahmad Dahlan Rais (1.080)

13. Irwan Akib (1.001).

"Pemilihan dengan menggunakan e-voting," kata Ketua Panitia Pemilihan Muktamar ke-48 Muhammadiyah, Ahmad Dahlan Rais, di Solo, Minggu 20 November 2022 dirilis fin.disway.id.

Lanjut dia, hanya peserta yang memiliki hak pilih dapat mengikuti e voting untuk menentukan 13 nama anggota Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah masa jabatan 2022-2027.

Ia berharap, pemilihan berjalan dengan lancar dan bisa lebih cepat karena ada penambahan bilik suara.

Diketahui, Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah akan dilangsungkan hingga hari ini, 20 November 2022.

BACA JUGA:Selain Muhammadiyah Lebong, Kotak Amal Masjid Jami' Muara Aman Juga Dibobol Pelaku yang Sama di Hari yang Sama

"Selamat bermuktamar dan dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim Muktamar Muhammadiyah dan Muktamar Aisyiyah ke-48 saya buka hari ini," tutur Jokowi. 

Jokowi kemudian menekan tombol di layar monitor sebagai tanda dibukanya Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah secara simbolis. 

“Forum yang sangat terhormat ini pertama saya ingin menyampaikan terima kasih atas dukungan keluarga besar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah dalam membantu penanganan pandemi Covid 19 di 3 tahun terakhir," kata Jokowi. 

Presiden dua periode ini berterima kasih ke Muhammadiyah atas perannya dalam mengatasi lonjakan pandemi covid-19 dengan menggerakkan lebih dari 120 Rumah Sakit Muhammadiyah dan 235 klinik kesehatan milik Muhammadiyah. 

"Alhamdulillah Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid 19. Kita juga termasuk negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia karena kita telah menyuntikkan lebih dari 440 juta dosis vaksin pada masyarakat,” ungkap Jokowi. 

Kata Jokowi, keberhasilan Indonesia dalam menangani pandemi ini telah menjadi pondasi penting dalam pemulihan ekonomi nasional.

Menghadapi kompetisi global yang meningkat maka fokus pada peningkatan kualitas SDM dan penguasaan IPTEK menjadi perhatian Presiden. 

Untuk itu, Jokowi berharap lembaga pendidikan yang dimiliki Muhammadiyah diharapkan memiliki peran sentral untuk terus menyebarkan Islam yang berkemajuan, penuh nilai toleransi, menjaga persatuan, menjaga persaudaraan dan perdamaian sesuai dengan ajaran Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam. 

“Saya mengharapkan bantuan bapak ibu semuanya selain habluminallah juga habluminannas juga perlu diperkuat habluminalalam yang menekankan pentingnya pelestarian alam dan juga pelestarian lingkungan,” tutur Presiden.  

Melalui kerja bersama, Presiden meyakini Indonesia akan mampu tumbuh maju di tengah gambaran dunia yang suram. 

“ Dengan dukungan keluarga besar Muhammadiyah ‘Aisyiyah, Indonesia bisa menjadi titik terang di tengah dunia yang muram, Indonesia laksana sang surya yang menerangi dunia,” katanya. 

“Semoga Allah swt meridhoi bangsa Indonesia. Selamat bermuktamar,” tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: fin.disway.id