Kotak Amal Lazismu dan Panti Asuhan Muhammadiyah Lebong Juga Digondol Maling

Kotak Amal Lazismu dan Panti Asuhan Muhammadiyah Lebong Juga Digondol Maling

Muktamar Muhammadiyah ke 48 di Solo Surakarta --muktamar48.id

LEBONG, RADARLEBONG.ID - Aksi pencurian kotak amal masjid ditengah keberangkatan peserta Muktamar ke-48 di Solo, Muhammadiyah Kabupaten Lebong mengalami kerugian hingga jutaan rupiah.

Sebab, tidak hanya uang dalam kotak amal Masjid Al-Jihad Muhammadiyah Lebong saja yang digasak pencuri, namun uang dalam kotak amal Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) dan uang sumbangan untuk Panti Asuhan Muhammadiyah Lebong juga ikut dibawa kabur.

Kapolres Lebong, AKBP Awilzan SIK melalui Kapolsek Lebong Utara Iptu M. Subkhan kepada radar lebong Rabu (16/11/2022) mengungkapkan saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan atas kasus tersebut.

"Kita belum bisa memastikan apakah komplotan ini, termasuk professional atau tidak karena masih penyelidikan. Sudah ada beberapa petunjuk yang didapatkan di lapangan," kata Kapolsek.

BACA JUGA:Jelang Muktamar, Begini Cara Pelaku Gasak Kotak Amal Masjid Muhammadiyah Lebong

Tidak hanya itu, pihaknya juga berencana untuk melakukan pengecekan terhadap rekaman CCTV yang berada disekitar lokasi kejadian.

"Kita juga akan memeriksa beberapa saksi yang mengetahui perihal kejadian ini," lanjutnya.

Dari laporan resmi yang diterima pihaknya dari Anui Ansori (41) pengurus Masjid Al-Jihad Muhammadiyah Lebong, pelaku datang menggunakan mobil berwarna putih dan parkir tepat di depan pintu masuk halaman masjid.

Satu orang pelaku, turun dari mobil dan langsung menuju masjid. Pelaku yang mengunakan topi dan bermasker ini sebelum membangun anak yang tertidur di dalam masjid, sempat mengecek kondisi dilokasi kejadian.

BACA JUGA:Kotak Amal Masjid Al-Jihad Muhammadiyah Lebong Digondol Maling, Terduga Pelaku Terekam CCTV

"Kemudian pelaku membangun akan tersebut dengan alasan mencari pengedar narkoba. Karena anak ini tidak tahu, pelaku kemudian menyuruh anak tersebut meninggalkan masjid," terang Kapolsek.

Setelah memastikan tidak ada orang disekitar masjid, pelaku langsung menuju ke arah kotak amal dan memadamkan listrik yang diduga untuk mematikan CCTV.

"Setelah lampu padam inilah pelaku diduga melancarkan aksinya membongkar paksa 3 kotak amal yang ada di masjid," tambahnya.

3 kotak amal ini masing-masing kotak amal Masjid Al-Jihad Muhammadiyah, kotak amal Panti Asuhan Muhammadiyah dan kotak amal Lazismu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: