4 Jenis Kopi Indonesia Yang Menjadi Kiblat Dunia

 4 Jenis Kopi Indonesia Yang Menjadi Kiblat Dunia

kopi Indonesia-foto :tangkapan layar-

Berikut ini apa saja? Yuk kita simak 

1. Kopi Luwak

Mungkin Anda sudah dengar bahwa kopi Luwak adalah salah satu jenis kopi yang berasal dari Indonesia yang cukup terkenal. Kopi Luwak ini tidak hanya terkenal di Indonesia, akan tetapi sudah mendunia.

Ciri khas kopi Luwak ini mempunyai aroma pandan yang tercium dari jarak jauh. Selain itu, kopi Luwak juga dikenal mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan juga,

seperti bisa membantu mencegah kanker, aman untuk pengidap asam lambung, dan juga bisa meringankan migrain.

2. Kopi Robusta

Kopi Robusta cenderung mempunyai rasa yang lebih asam dan keras dari pada kopi Arabika serta mempunyai kadar kafein yang lebih tinggi.

Robusta dapat tumbuh di ketinggian yang lebih rendah di iklim yang lebih panas, dan dengan kelembapan yang lebih sedikit.

Karena kopi Robusta mempunyai batasan pertumbuhan yang lebih sedikit dan memiliki rasa yang umumnya kurang diinginkan, biasanya dijual dengan harga lebih rendah daripada biji Arabika.

Kopi Robusta berasal dari Afrika sub-Sahara dan sekarang ditanam terutama di Afrika dan Indonesia. Biji Robusta berukuran lebih besar dan lebih bulat dibandingkan dengan varietas biji kopi lainnya.

Banyak orang berpikir bahwa kopi Robusta lebih keras dan lebih pahit sehingga seringkali mempunyai bau yang kuat dan rasa yang agak datar.

3. Kopi Gayo

Kopi Gayo mempunyai asal daerah Aceh yang banyak tumbuh di dataran tinggi daerah Kabupaten Bener Meriah dan Gayo Lues.

Dari total seluruh panen kopi di Indonesia daerah Aceh adalah salah satu daerah penghasil arabika terbesar. Jika soal rasa menurut para penikmat kopi, rasa Kopi Gayo berbeda dari arabika kebanyakan.

Selain rasanya yang unik dan tidak terlalu pahit, wanginya pun enak. Rasa dan aromanya itulah yang membuat kopi gayo terkenal serta menjadi salah satu kopi terbaik dan termahal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: