Musim Hujan Tiba: Kenali 6 Penyakit Langganan dan Cara Ampuh Menghindarinya

Musim Hujan Tiba: Kenali 6 Penyakit Langganan dan Cara Ampuh Menghindarinya

Kenali 6 Penyakit Langganan dan Cara Ampuh Menghindarinya-foto :pixabay-

Kelembapan dan genangan air menjadi sarang yang ideal bagi perkembangbiakan nyamuk ini.

Upaya pencegahan melibatkan penggunaan kelambu, penggunaan repelan anti-nyamuk, dan pembersihan genangan air yang dapat menjadi tempat berkembang biak nyamuk.

3. Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA):

Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) seringkali meningkat selama musim hujan. Kelembapan dan suhu yang berubah-ubah dapat menjadi pemicu bagi infeksi virus dan bakteri.

Penting untuk menjaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan, menghindari kontak dengan orang yang sakit, dan memakai masker jika diperlukan.

4. Diare:

Penyakit diare juga cenderung meningkat selama musim hujan, terutama karena air yang terkontaminasi oleh kuman dan bakteri.

Mengonsumsi air bersih, mencuci tangan dengan sabun sebelum makan, dan memasak makanan dengan baik adalah langkah-langkah sederhana namun efektif untuk mencegah penyakit ini.

5. Leptospirosis:

Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Leptospira, biasanya menyebar melalui air yang terkontaminasi oleh urine hewan yang terinfeksi.

Genangan air selama musim hujan menjadi tempat yang potensial untuk penyebaran bakteri ini.

Mencegah kontak dengan air yang tercemar, menggunakan sepatu tertutup, dan menghindari berada di area yang berisiko dapat membantu melindungi diri dari penyakit ini.

6. Keracunan Makanan:

Kelembapan dan suhu yang lebih rendah selama musim hujan dapat mempercepat pertumbuhan bakteri pada makanan yang tidak disimpan dengan benar.

Keracunan makanan dapat dihindari dengan memastikan kebersihan makanan, menyimpan makanan dalam suhu yang tepat, dan mengonsumsi makanan yang telah dimasak dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: