Asyik! PTM Muara Aman di Lebong Rampung Dibangun, Pedagang Akan Digratiskan Biaya Sewa Selama 6 Bulan

Asyik! PTM Muara Aman di Lebong Rampung Dibangun,  Pedagang Akan Digratiskan Biaya Sewa Selama 6 Bulan

Asyik! PTM Muara Aman di Lebong Rampung Dibangun, Pedagang Akan Digratiskan Biaya Sewa Selama 6 Bulan -foto : amri rakhmatullah/radarlebong-

RADARLEBONG.ID - Kabar gembira untuk para pedagang Pasar Muara Aman khususnya pedagang terdampak relokasi PTM Muara Aman.

Pasalnya, pembangunan Pasar Tradisional Modern (PTM) Muara Aman telah rampung pada akhir tahun 2023. 

Saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong bersiap-siap untuk mengoperasikan PTM Muara Aman tersebut.

Untuk menjalankan operasionalnya, pengelolaan pasar ini akan diserahkan langsung kepada paguyuban atau Perkumpulan Pedagang Lebong.

BACA JUGA:PENGUMUMAN, Jalan Depan PTM Muara Aman Lebong Bakal Ditutup Sementara, Tapi Bukan Karena Razia, Namun?

Sekretaris Kabupaten Lebong, H. Mustaranai Abidin, SH, M.Si, menjelaskan bahwa tanggung jawab terhadap bangunan PTM Muara Aman tetap menjadi kewajiban pemerintah daerah.

Meskipun begitu, pengelolaannya akan diserahkan kepada paguyuban atau perkumpulan pedagang di Kabupaten Lebong.

Dalam rangka mengoperasikan PTM Muara Aman, Pemkab Lebong akan memberikan keistimewaan dengan menyediakan gratis sewa selama 6 bulan pertama.

Meski demikian, biaya operasional seperti listrik, air, kebersihan, dan keamanan pasar akan menjadi tanggung jawab para pedagang sendiri.

BACA JUGA:Rehab Masjid Agung Sultan Abdullah Lebong dan PTM Muara Aman Baru Dimulai

"Selama 6 bulan pertama operasional, sewa pasar akan digratiskan, namun biaya untuk 4 item tersebut akan menjadi tanggung jawab pedagang," ungkapnya.

Mustarani menambahkan, selama periode 6 bulan tersebut, pedagang tidak perlu membayar sewa, namun biaya listrik, air, kebersihan, dan keamanan akan menjadi tanggung jawab mereka.

Hal ini berarti bahwa Paguyuban atau Perkumpulan Pedagang Lebong akan memiliki peran besar dalam mengelola PTM Muara Aman dengan berkolaborasi bersama pedagang yang mengisi pasar tersebut.

"Jika nanti sewa diambil alih oleh pemerintah setelah 6 bulan, operasional pasar tidak lagi menjadi beban para pedagang," jelas Mustarani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: