Kucuran DAK 2024 Kabupaten Lebong Capai Rp 23,7 Miliar, Fokus Bangun Jalan dan Irigasi

Kucuran DAK 2024 Kabupaten Lebong Capai Rp 23,7 Miliar, Fokus Bangun Jalan dan Irigasi

Kepala Dinas PUPR-Hub Lebong Joni Prawinata, SE, MM--(dok/rl)

RADARLEBONG.ID - Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (DPUPR-Hub) Kabupaten Lebong kembali mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk tahun 2024. Jumlahnya mencapai Rp 23,7 miliar, meningkat signifikan dari Rp 14,9 miliar pada tahun 2023.

DAK tersebut akan digunakan untuk membangun infrastruktur jalan dan irigasi di Kabupaten Lebong. Untuk jalan, DAK sebesar Rp 18 miliar akan digunakan untuk membangun tiga link jalan, yaitu link Sukau Kayo - Plabai, Plabai - Suka Datang, dan satu link lainnya di wilayah Kecamatan Lebong Selatan.

Sementara itu, DAK sebesar Rp 5,7 miliar untuk irigasi akan digunakan untuk membangun tiga jaringan irigasi, masing-masing di wilayah Kecamatan Lebong Selatan, Lebong Tengah, dan Lebong Atas.

Kepala DPUPR-Hub Lebong, Joni Prawinata, mengatakan bahwa DAK yang diterima tahun ini lebih sedikit dari usulan yang disampaikan, yaitu Rp 100 miliar.

Namun, ia tetap bersyukur karena DAK yang diterima sudah mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya.

BACA JUGA:Ini Jadwal Tes SKD PPPK 2023 Kabupaten Lebong: Simak Informasi Pentingnya!

BACA JUGA:RDTR dan KLHS Lebong Selatan Segera Disusun, Pemerintah Minta Masukan Masyarakat

"Dengan mendapatkan Kembali DAK 2024 ini, kami Dinas PUPR-Hub Kabupaten Lebong baik Bidang BM maupun Bidang SDA sudah melakukan pengedesan ke kementerian PUPR berapa waktu lalu," katanya.

Dirinya menambahkan, DAK 2024 yang diterima sebenarnya lebih sedikit dari usulan yang sebelumnya mereka sampaikan, yakni diangka Rp 100 miliar. Namun secara keseluruhan jika dibandingkan DAK yang diterima Dinas PUPR-Hub Lebong tahun 2023, jumlah tersebut mengalami kenaikan.

Mengingat di tahun 2023 ini DAK yang diterima hanya Rp 14,9 miliar, itu pun hanya DAK bidang jalan saja.

"Kami berharap DAK yang diterima dapat mempercepat pembangunan infrastruktur di Kabupaten Lebong. Ditargetkan awal tahun 2024 mendatang kegiatan yang dibiayai DAK bisa mulai berproses untuk selanjutnya dilaksanakan dengan segera," singkatnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: