Tanggul Sungai Air Pikat Rusak, Petani Lebong Selatan Khawatir Banjir Kembali Terjadi

Tanggul Sungai Air Pikat Rusak, Petani Lebong Selatan Khawatir Banjir Kembali Terjadi

Tanggul Sungai Air Pikat Rusak, Petani Lebong Selatan Khawatir Banjir Kembali Terjadi--(dok/rl)

RADARLEBONG.ID - Pemerintah Desa (Pemdes) Suka Sari, Kecamatan Lebong Selatan, Kabupaten Lebong, meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong untuk segera memperbaiki tanggul dan pelapis Sungai Air Pikat yang rusak akibat diterjang banjir pada beberapa waktu lalu.

Pejabat Sementara (Pjs) Kades Suka Sari, Panhar, melalui Kaur Keuangan, Jaka Pranata, mengatakan kerusakan tanggul dan pelapis di desanya tersebut lebih kurang 50 meter. Pasca bencana alam yang membuat jebolnya tanggul dan pelapis sungai air pikat belum ada ada dilakukan perbaikan dari Pemkab Lebong.

"Kami berharap, kerusakan ini dapat segera diperbaiki oleh Pemkab Lebong, karena jika dibiarkan dikhawatirkan banjir akan kembali terjadi dan merusak hamparan lahan persawahan milik para petani," sampainya.

BACA JUGA: Belasan Desa Ajukan Pengajuan DD Tahap III

Dikatakan Jaka, kerusakan tanggul dan pelapis sungai air pikat telah ditinjau langsung oleh Kepala Dinas (Kadis) Disperkan Lebong, namun hingga saat ini belum ada tanda-tanda dilakukan perbaikan.

"Sejauh ini baru bantuan pipa dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebong, dan untuk pengairan air sawah petani sudah lancar. Namun tetap diharapkan Pemkab Lebong dapat merealisasi perbaikan tanggul dan pelapis tersebut," lanjutnya.

Menurut Jaka, perbaikan tersebut perlu segera dilakukan, sehingga dapat meminimalisir luapan air sewaktu-waktu terjadi bencana banjir.

BACA JUGA:Sobat UMKM, Mari Manfaatkan Promosi Usaha Lewat e-Katalog

"Intinya, perbaikan tanggul dan pelapis perlu segera dilakukan. Sehingga para petani bisa bertani dengan nyaman tanpa harus mengkhawatirkan lupan air lagi," pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: