Sosok Harimau 'NIK, STABIK' Bagi Orang Rejang Bengkulu

Sosok Harimau 'NIK, STABIK' Bagi Orang Rejang Bengkulu

lustrasi. Harimau yang berhasil diburu Residen Bengkulu, L.C. Westenenk di depan rumah peristirahatannya di Kepahiang bergambar bersama pemburu-pemburunya dengan harimau yang berhasil diburu-blog emong soewandi-

Rasa takut itu kemudian dimanifestasikan dengan timbulnya bermacam tabu untuk harimau tersebut. Karena, penyebutan harimau merupakan salah satu tabu, maka harai disapa dengan kata nieniek atau sebie/sebei (arti kedua kata ini adalah nenek).

Tentunya, tak bisa dipungkiri, pada hari inipun masih ada kepercayaan bagi masyarakat Rejang untuk meminta izin niniek untuk melakukan sesuatu di dalam hutan, yang sekiranya kegiatan itu dikhawatirkan akan menganggu sang nenek. Untuk memasuki kawasan hutan lazim orang-orang mengatakan"stabik, niek"

Tentunya, perkataan tersebut tentu masih ingat jika akan membuang hajat kecil di dalam hutan dengan mengatakan" nek, numpang kencing yo", Nek ini jelas adalah Harimau!

Bak sinetron, ternyata 7 manusia harimau ternyata memang benar adanya bagi Suku Rejang yang konon bersemayam di tempat tertentu, seperti:

-Sebie Tikis, bersemayam di Suban

-Sebie Bitan, bersemayam di Suban

-Sebie Teet, bersemayam di Suban

-Sebie Kemang, bersemayam di Lubuk Ubar

-Sebie Kumbang Dikarmayang, bersemayam di Gunung Bungkuk

-Sebie Bujang Tunggal, bersemayam di Kesambe Lama dan Gunung Kaba

-Sebie Pengeran Dalam, bersemayam di Bukit Hitam

Ke Tujuh harimau ini merupakan akuan-akuan (pelindung) penting dalam masyarakat Rejang, yang bisa dipanggil pada saat tertentu. 

Harus dipahami, walaupun masyarakat tradisional rejang juga mengenal harimau jadi-jadian atau harimau manusia atau cindaku, namun ini dalam tulisan oleh penulis merupakan harimau sejati.

Tentunya, meski sosok harimau tersebut merupakan harimau sejati, namun tetap tak luput dari perburuan dan pembunuhan terhadap harimau.

Yangmana, tentunya, harimau bukan binatang yang disembah. Kesakralan harimau yang kemudian menjadi totem, hanyalah karena pandangan matanya, kesaktian dan kekuatan yang ada pada harimau tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: