Pemilih Pemula Ada 1.546 Jiwa, Dukcapil Lebong Jemput Bola Rekam KTP-el ke Sekolah

Pemilih Pemula Ada 1.546 Jiwa, Dukcapil Lebong Jemput Bola Rekam KTP-el ke Sekolah

Rekam: Petugas Dukcapil Lebong jemput bola perekaman KTP-el usia pemula ke sekolah. -foto : dokumentasi-

RADARLEBONG.ID - Tak kurang dalam tempo seminggu, sejak 28 Agustus 2023.

Terdata sudah 112 pelajar usia pemula lakukan perekaman KTP-el yang digeber Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Lebong ke SMA/SMK dalam Kabupaten Lebong. 

Kepala Dukcapil Lebong, Drs. Budi Setiawan mengatakan berdasarkan data Dukcapil Lebong, tercatat ada sebanyak 1.546 jiwa atau 1,86 persen masyarakat yang mayoritas adalah pelajar usia pemula belum melakukan perekaman atau belum memiliki KTP-el. 

"Jemput bola perekaman KTP-el sudah dilaksanakan tanggal sejak tanggal 28 Agustus lalu, dan saat ini 112 pelajar usia pemula sudah perekaman serta 85 sudah cetak KTP-el," kata Budi Setiawan. 

BACA JUGA:Terbaru! 6 Cara Cek Nomor BPJS Kesehatan Cukup Pakai KTP

BACA JUGA:1.000 ASN Pemkab Lebong Beralih ke KTP Digital

Selain perekaman KTP-el bagi siswa-siswi, pihaknya juga sekaligus melakukan pengaktifan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Hanya saja, untuk pelayanan register sasarannya para dewan guru dan staf TU yang ada di sekolah-sekolah dengan tujuan untuk memastikan ketertiban para pegawai maupun staf dalam tertib data kependudukan. 

"Sejauh ini baru ada 49 dewan guru di dua sekolah yang sudah melakukan IKD, diharapkan kegiatan jemput bola perekaman KTP-el juga bisa meningkatkan capian IKD di Kabupaten Lebong," sampainya. 

Budi menambahkan, bahwa kegiatan jemput bola perekaman KTP-el merupakan salah satu upaya Dukcapil Lebong dalam rangka mendukung suksesnya pelaksanaan kontestan Pilkada 2024 mendatang. 

BACA JUGA:Jangan Khawatir, Blangko KTP-el di Lebong Masih Tersedia Banyak

BACA JUGA:Hanya Modal KTP, Ini Cara Ajukan Pinjaman Online BPJS Ketenagakerjaan Rp25 Juta Bisa Cair dalam 30 Menit

Maka dari itu, pihaknya meminta pihak sekolah khususnya tingkat SMA dan SKK di Kabupaten Lebong dapat memfasilitasi dan menyampaikan kepada siswa-siswi yang telah berusia 16 tahun ke atas untuk ikut melakukan perekaman KTP-el sekaligus pengaktifan IKD. 

"Kami berharap, pihak sekolah yang sudah mendapat jadwal perekaman dari Dukcapil, dapat memfasilitasi dan menyampaikan kepada siswanya agar bisa hadir dan ikut melakukan perekaman KTP-el dalam rangka menyukseskan Pilkada 2024," demekian Budi. (wlk) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: