Getol Jemput Bola ke OPD, 800 ASN Lebong Beralih KTP Digital

Getol Jemput Bola ke OPD, 800 ASN Lebong Beralih KTP Digital

IKD: Petugas Dukcapil Lebong jemput bola ke OPD penerapan Identitas Kependudukan (IKD) ASN. -foto: istimewa-

LEBONG, RADARLEBONG.ID - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Lebong, hingga saat ini masih terus gencar melaksanakan program jemput bola, terkait peralihan data Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) ke KTP Digital.

Berdasarkan data sementara, sudah sebanyak 800 ASN dilingkup Pemkab Lebong beralih menerapkan KTP Digital. Hal ini diakui Kepala Dukcapil Lebong, Drs. Budi Setiawan.

"Iya, sudah 800 ASN Pemkab Lebong sudah menggunakan KTP Digital, penerapan IKD sendiri akan terus dilakukan ke seluruh OPD secara door too door," kata Budi sapaan akrabnya.

Lanjutnya, upaya ini dilakukan sesuai dengan arahan Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Menurutnya, penggunaan KTP digital bertujuan lebih mempermudah berbagai urusan administrasi masyarakat.

BACA JUGA:Tidak Semua Handphone Bisa Cek KTP Digital

BACA JUGA:Aktifkan KTP Digital, Dukcapil Datangi ASN dan Honorer di Lebong

"Karena KTP digital ini dapat diakses dengan mengunduh aplikasi bernama Identitas Kependudukan Digital di laman Google PlayStore," ujarnya.

Sementara itu, untuk proses pembuatan KTP digital tersebut terbilang cukup mudah. Dengan hanya cukup mengunduh aplikasi, kemudian tinggal mengisi NIK dan mengisi nomor HP serta menyertakan email,

lalu foto selfie pada kolom yang tertera. Karena didalam aplikasi tersebut, sudah bisa melihat data keluarga, dokumen,

pelayanan serta sejumlah fitur unggulan identitas digital yang terintegrasi, seperti NPWP dan kartu vaksin. Identitas digital merupakan upaya pemerintah, untuk mempermudah masyarakat dalam memiliki data kependudukan.

BACA JUGA:KTP Digital Segera Diberlakukan Untuk ASN dan Honorer Pemkab Lebong

BACA JUGA:E-KTP Digital Cuma Bisa Diakses Ponsel Pintar, yang Tidak Punya Handphone Bagaimana ?

"Uji coba KTP digital akan dilakukan sampai seluruh ASN menerapkan setelah itu baru menyasar ke sejumlah masyarakat luas di kabupaten Lebong.

Setelah nantinya mencapai ratusan persen ke ASN, maka ke depannya akan diterapkan ke masyarakat yang sudah mempunyai handphone Android," singkatnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: