Pastikan Bansos Tepat Sasaran, Pemdes di Lebong Wajib Pelototi Data Warga Miskin

Pastikan Bansos Tepat Sasaran, Pemdes di Lebong Wajib Pelototi Data Warga Miskin

Bansos di Bulan September, Apakah Anda Termasuk Penerima 4 Bansos Ini?--

LEBONG, RADARLEBONG.ID - Guna memastikan bansos atau bantuan sosial di Kabupaten Lebong tepat sasaran.

Seluruh Pemdes atau Pemerintah Desa, Pemerintah Kelurahan, Pemerintah Kecamatan wajib mempelototi data warga miskin di wilayahnya masing-masing.

Soalnya, Dinas Sosial Kabupaten Lebong dalam waktu dekat akan melakukan verifikasi dan validasi data warga miskin. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Lebong A Ghozali.

"Kemungkinan dalam waktu dekat ini verval di gelar, nantinya akan di lakukan petugas PKH yang tersebar di 12 kecamatan di Lebong ini juga berdasarkan intruksi dari Kemensos," katanya.

BACA JUGA:Ini Daftar 7 Jenis Bansos yang Kembali Cair Tahun 2023

BACA JUGA:Berkah Tahun Baru 2023, KIS BPJS Kesehatan Bagi-bagi Bansos, JKN Banyak Menolong Rakyat Indonesia

Menurut Gozali perbaikan data ini dilakukan agar penanganan warga miskin di Kabupaten Lebong lebih tepat sasaran dan efektif. Dan juga untuk mengetahui apakah ada warga mampu yang menerima bantuan tersebut.

"Petugas PKH juga tidak melakukan verifikasi data saja, melainkan mereka juga turun langsung melihat kondisi di lapangan.

Namun apabila ditemukan warga yang tidak layak menerima bantuan maka dengan otomatis akan langsung dikeluarkan," sampainya.

Ditambahkannya untuk saat ini pihaknya masih mempersiapkan untuk melakukan Verval yang dilakukan oleh petugas tersebut.

BACA JUGA:Bantuan Sosial dari Dana APBD Lebong Ini, Bikin Warga Miskin Terbantu

BACA JUGA:Bantuan Sosial untuk Orang Sakit di Lebong Bertambah Rp200 Juta, Ini Syarat untuk Mendapatkannya

Bahkan apabila verval mulai berjalan pihaknya meminta kepada seluruh Pemerintah Desa agar mendukung giat verval yang dilakukan ini sehingga data yang ada di DTKS nantinya sudah benar-benar valid.

"Kita juga minta dukungan dari Pemdes setempat agar bisa menyerahkan data warganya yang masuk kategori miskin, sehingga data data yang menerima bantuan ini bisa benar benar valid dan tepat sasaran," singkatnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: