Selain Tampil dan Dilombakan, Bupati Mian Ajak Warga Nikmati Kuda Kepang

Selain Tampil dan Dilombakan, Bupati Mian Ajak Warga Nikmati Kuda Kepang

Bupati Bengkulu Utara mengapresiasi kesenian kuda kepang-foto: istimewa-redaksi

BENGKULU UTARA, RADARLEBONG.ID - Guna mendukung Pengembangan Seni Budaya Daerah Bupati Bengkulu Utara Ir. Mian hadiri Pagelaran Kuda Kepang Sewu barong, di lapangan blok G di Kecamatan Giri Mulya

Sabtu (26/11), kegiatan pagelaran seni kuda kepang juga diselenggarakan dalam rangka ikut memeriahkan HUT Provinsi Bengkulu ke-54.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan, seni budaya adalah sesuatu yang sifatnya universal yang mana dapat dilakukan oleh suku bangsa manapun dan dapat dinikmati oleh suku bangsa manapun.

"Seperti pada kegiatan pergelaran Kuda Lumping, yang sedang kita laksanakan hari ini, diharapkan kedepan, kuda lumping selain kita tampilkan dan dilombakan, kegiatan kuda lumping ini juga bisa dinikmati oleh masyarakat.

BACA JUGA:Peduli Gempa Cianjur, Bupati Mian Ajak Kumpulkan Donasi

Meskipun masyarakat yang berasal aktif, bukan dari suku jawa. Begitu juga sebaliknya, menjaga harmonisasi persatuan, kesatuan, kekompakan, kesolidan di tengah tengah peradaban yang ada adalah suatu hal yang harus kita junjung dan kita jaga bersama sama," ujarnya.

Menurutnya, dengan keanekaragaman yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara ini, eksistensi kesenian Jawa yang ditampilkan dalam bentuk pagelaran ini, cukup menambah warna dan kekayaan budaya Bengkulu khususnya Bengkulu Utara.

Kendati pun, kekayaan budaya dari berbagai berbagai etnis yang ada di Bengkulu, jika disatukan sebagai kekuatan budaya Provinsi Bengkulu, ia yakin akan menjadi warna yang luar biasa.

"Bersama unsur pemerintahan, saya berkomitmen memberikan dukungan untuk melestarikan kesenian Kuda Kepang, khususnya di kabupaten Bengkulu Utara," demikian Mi'an.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: