Kemensos Beri Bantuan Usaha Buat 101 Penyandang Disabilitas Lebong, Tapi Bukan Uang

Kemensos Beri Bantuan Usaha Buat 101 Penyandang Disabilitas Lebong, Tapi Bukan Uang

ilustrasi -foto pixabay-Internet

LEBONG, RADARLEBONG.ID  - Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Balai Alyatama Jambi kembali memberikan bantuan usaha untuk 101 penyandang disabilitas Lebong.

Hanya saja, bantuan usaha yang diberika bukan berupa uang melainkan dalam bentuk peralatan masak kue, kasur, tikar, pakaian, penjualan voucher dan bahan baku lainnya.

Kemudian, bantuan kewirausahaan seperti ternak kambing, ayam, ikan lele dan bebek. Setelah itu bantuan penunjang lainnya berupa 2 unit sepeda motor roda 3.

Sekretaris Dinas Sosial (Dinsos) Lebong, Puji Warno, S.Pd mengatakan pemberian bantuan ini merupakan bentuk tindak lanjut dari hasil assesmen yang telah dilaksanakan oleh tim Balai Alytama Jambi di Lebong terhadap para penyandang disabilitas.

BACA JUGA:Kemensos Turun Tangan Pastikan Hak Penyandang Disabilitas Korban Perkosaan di Lebong Terpenuhi

"Alhamdulillah, tahun ini kita kembali mendapatkan bantuan untuk para penyandang Disabilitas. Kemungkinan dalam waktu dekat bantuan penunjang usaha ini segera kita serahkan," kata Puji.

Menurut Puji, bantuan usaha ini adalah prakarsa dari Kementrian Sosial melalui Balai Sentra Alytama Jambi sebagai bentuk perhatian bagi penyandang Disabilitas di wilayah Lebong.

Bantuan ini juga sebagai bentuk motivasi agar disabilitas berupaya meningkatkan kualitas hidup.

"Bantuan usaha ini juga untuk mendukung kegiatan usaha, sehingga nantinya tidak lagi bergantung kepada orang lain karena kemandirian mereka," sampainya.

BACA JUGA:Di Lebong Ada 308 Jiwa Penyandang Disabilitas, Pendampingnya Hanya Satu

Sementara itu, seluruh bantuan usaha yang pihaknya terima, nantinya akan di serahkan langsung kepada 101 penyandang Disabilitas yang tersebar di 11 kecamatan di wilayah tersebut.

Setelah mendapatkan bantuan usaha ini seluruh Disabilitas nanti akan kita bina terutama dalam mengembangkan usaha.

Apabila nanti bantuan ini sudah diterima, diharapkan bisa benar-benar dimanfaatkan sebaik mungkin terutama untuk menjalankan usaha. Sehingga kedepan bantuan ini bisa berdampak pada perekonomian untuk penyandang Disabilitas itu sendiri.

"Sementara untuk sentra Alytama Jambi diharapkan bisa terus bersinergi dalam memberikan bantuan-bantuan kepada warga berkebutuhan khusus diwilayah Lebong," singkatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: