Anda Bisa Dapat Rp200 Ribu Awal Bulan? Cek Disini Syarat Penerima Bansos BPNT Tahap 4 Tahun 2023!

Anda Bisa Dapat Rp200 Ribu Awal Bulan? Cek Disini Syarat Penerima Bansos BPNT Tahap 4 Tahun 2023!

Bansos PKH Tahap 2 2024: Kapan Cair dan Cara Cek Penerimanya--dok/radarlebong

RADARLEBONG.ID - Bulan Oktober 2023, program bansos Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahap 4 akan kembali dicairkan. Namun, ada syarat yang harus dipenuhi agar masuk dalam kategori penerima bansos BPNT tahap 4 tahun 2023

Bansos BPNT tahap 4 tahun 2023 direncanakan akan disalurkan pada bulan Oktober 2023. Setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan menerima bantuan sebesar Rp200 ribu per bulan, yang dapat digunakan untuk pembelian bahan pangan seperti beras, daging, sayuran, dan kebutuhan pokok lainnya. 

Berikut adalah syarat yang perlu dipenuhi untuk menjadi penerima bansos BPNT tahap 4 tahun 2023 yang akan dicairkan Oktober ini:

1. Warga Negara Indonesia (WNI) dengan e-KTP

Untuk menjadi penerima Bansos BPNT, calon penerima harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki e-KTP. E-KTP menjadi syarat penting yang harus dipenuhi untuk memastikan bahwa bantuan sosial ini diberikan kepada warga negara yang sah.

BACA JUGA:Berkah dari Kemensos RI: 52.673 Jiwa Kabupaten Lebong Terima Bansos,

2. Terdaftar sebagai Keluarga Berkebutuhan

Calon penerima harus terdaftar sebagai keluarga berkebutuhan. Keluarga berkebutuhan adalah keluarga yang pendapatan per kapitanya berada di bawah garis kemiskinan. Dengan demikian, Bansos BPNT akan lebih tepat sasaran dan dapat membantu keluarga yang benar-benar membutuhkan.

3. Bukan Anggota ASN, TNI, atau Polri

Bansos BPNT tidak diberikan kepada anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), Tentara Nasional Indonesia (TNI), atau Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Bantuan ini difokuskan kepada keluarga masyarakat umum yang memenuhi syarat-syarat lainnya.

4. Belum Menerima Bantuan Lain

Calon penerima harus memastikan bahwa mereka belum menerima bantuan sosial lain seperti Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM, BLT subsidi gaji, atau Kartu Prakerja. Hal ini untuk memastikan bahwa bantuan tersebut dapat sampai kepada keluarga yang masih membutuhkan dukungan tambahan.

BACA JUGA:Jangan Ketinggalan! Cara Tepat Cek Bansos dengan KTP 2023 Lewat Ponsel Anda

Untuk mengecek apakah Anda memenuhi syarat dan terdaftar sebagai penerima Bansos BPNT tahap 4 tahun 2023, Anda dapat mengunjungi situs resmi cekbansos.kemensos.go.id. Caranya mudah:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: