Desa Wisata Kota Baru Santan Masuk Nominasi 10 Besar Tingkat Provinsi

Desa Wisata Kota Baru Santan  Masuk Nominasi 10 Besar Tingkat Provinsi

WISATA: Pemandangan pesona Objek Desa Wisata Kota Baru Santan.-Foto Dokumentasi-redaksi

LEBONG, RADARLEBONG.ID - Prestasi luar biasa, kembali diukir salahsatu desa di Kabupaten Lebong yakni Desa Kota Baru Santan Kecamatan Tubei yang telah berhasil masuk nominasi 10 besar tingkat provinsi dalam lomba desa wisata.

Meski tak banyak yang mengetahui akan potensi wisata terpendam yang masih begitu alami tersebut.

Namun, setidaknya membuktikan, jika potensi wisata di Lebong bisa bersaing dengan desa wisata dari kabupaten lainnya.

Kabid Pariwisata Disparpora Kabupaten Lebong Agus Supriadi, SE, menjelaskan, sebelumnya ada 2 desa di Kabupaten Lebong yang mengikuti ajang Lomba Desa Wisata tingkat provinsi tersebut.

BACA JUGA:Tak Becus Kembangkan Wisata, 27 Desa Wisata Akan Dievaluasi

Ke 2 desa tersebut yakni Desa Kota Baru Santan Kecamatan Tubei dan Desa Sungai Gerong Kecamatan Amen. 

"Nantinya akan menampilkan 2 sesi pemaparan yang akan di sampaikan oleh pihak pengelola desa atau Pokdarwis Desa Kota Baru Santan," kata Agus.

Lanjut Agus, ada beberapa aspek yang akan menjadi poin penilaian dalam ajang lomba desa wisata tersebut. Seperti penerapan sapta pesona, kearifan lokal hingga kelembagaan desa. 

"Pemenang lomba ini nantinya akan diumumkan pada 10 hingga 11 November mendatang," jelasnya.

BACA JUGA:Bupati Kopli Resmikan Seblat Ulu Jadi Desa Wisata

Dirinya berharap doa dan dukungan masyarakat Kabupaten Lebong agar Desa Kota Baru Santan bisa memberikan hasil terbaik dalam ajang ini dan ditarget kita masuk nominasi 3 besar. 

Apalagi desa wisata yang menang di tingkat Provinsi ini nantinya akan mewakili Provinsi Bengkulu diajang lomba desa wisata tingkat nasional.

Untuk mendapatkan predikat 3 besar dalam ajang desa wisata  tersebut, ada beberapa tahapan yang harus dilalui oleh masing masing desa yang akan dinilai oleh juri nasional yang berasal dari Kementerian Pariwisata, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ketua Asosiasi Wisata Desa Pusat.

"Saya berharap di tahun berikutnya semakin banyak desa wisata di Kabupaten Lebong yang mengikuti ajang lomba ini," tukasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: