Baru Pertama Kali, 2 Desa di Lebong Ini Batal Melenggang ke Ajang Lomba Desa Wisata 2023 di Bengkulu

Baru Pertama Kali, 2 Desa di Lebong Ini Batal Melenggang ke Ajang Lomba Desa Wisata 2023 di Bengkulu

Tahun 2022 lalu, Desa Kota Baru Santan masuk kategori 10 besar desa wisata tingkat provinsi namun tahun ini, 2 desa usulan gagal dalam ajang lomba yang sama.--

RADARLEBONG.ID - Walaupun sudah siap untuk bersaing bersama desa lain se Provinsi Bengkulu guna mengikuti ajang Lomba Desa Wisata Tingkat Provinsi.

Namun, langkah tersebut sirna sudah, menyusul 2 desa di Lebong gagal masuk kategori 10 besar lomba desa wisata.

Ke 2 desa wisata yang mewakili Kabupaten Lebong yaitu Desa Ketenong I Kecamatan Pinang Belapis dan Desa Daneu Kecamatan Lebong Atas.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Lebong Riki Irawan, S.Sos, M.Si, menjelaskan ke 2 desa wisata yang didaftarkan untuk mengikuti ajak lomba desa wisata tersebut memang baru pertama kali mengikuti lomba desa wisata ini.

BACA JUGA:Perbandingan Desa Wisata dan Wisata Desa, Pilih Pengalaman Wisata yang Sesuai

"Kedepannya pengalaman ini diharapkan bisa menjadi bahan evaluasi bagi mereka untuk bisa melengkapi dan mempersiapkan apa yang menjadi objek penilaiannya," kata Riki.

Meski tahun ini gagal, namun Riki memastikan dua desa tersebut akan kembali diikutkan dalam ajang yang sama pada tahun 2024 mendatang.

Untuk itu, dirinya meminta ke 2 desa tersebut bisa terus berbenah dalam melengkapi administrasi maupun sarana dan prasarana yang ada.

"Kami dari Disparpora memastikan akan terus mensuport dan mendampingi setiap desa wisata untuk mengambangkan potensi yang mereka miliki," jelasnya.

BACA JUGA:7 Desa di Lebong Ini Akan Diutus Ikuti Lomba Desa Wisata Tingkat Provinsi, Semoga Sukses!!

Dengan adanya ajang ini, dirinya berharap bisa merangsang timbulnya desa-desa wisata baru yang ada di Kabupaten Lebong. 

Ia pun meyakini semakin banyak yang mengembangkan wisata desa maka pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Lebong juga akan meningkat.

Setiap desa bisa memanfaatkan Dana Desa dalam mengambangkan potensi wisata yang mereka miliki. 

"Kami berharap semakin banyak desa yang mengembangkan sektor pariwisata dalam merangsang pertumbuhan ekonomi kreatif di Kabupaten Lebong," tukasnya. (bye)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: