Hati-Hati, Sudah 5 Warga Bengkulu Utara Terjangkit HIV

Hati-Hati, Sudah 5 Warga Bengkulu Utara Terjangkit HIV

Kabid P2P Dinkes BU, Ujang Ismail SKM MPh--

BENGKULU UTARA, RADARLEBONG.ID - Di Tahun 2022 ini, kasus pasien terjangkit penyakit  Human Immunodeficiency virus (HIV) di kabupaten Bengkulu Utara (BU) terdapat sebanyak 5 orang.

Hal ini pun diakui langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) BU, Syamsul Maarief SKM M Kes melalui Kabid P2P Dinkes BU, Ujang Ismail SKM MPh, diruang kerjanya, Senin (26/9).

"Ya, untuk saat ini sudah ada 5 orang warga kita yang terkena HIV, 2 diantaranya wanita sisanya 3 laki-laki,"ujarnya.

Ia juga menambahkan, bahwa untuk ke 5 pasien terus dilakukan pengawasan dan pemantauan sekaligus memberikan.

BACA JUGA:Senator Riri Minta Pemerintah Ambil Langkah Ini Selamatkan Generasi dari Bahaya HIV/AIDS

BACA JUGA:3 Meninggal, 8 Kasus HIV/AIDS Masih Aktif

Fasilitas kesehatan dengan memberikan. Obat secara rutin termasuk Antiretroviral atau ARV guna  menekan penyebaran HIV didalam tubuh pasien.

"Terus kita lakukan pemantauan dengan memberikan obat ARV secara rutin yang kita tempatkan di klinik khusus HIV di RSUD Arga Makmur,"terangnya.

Lebih lanjut, Ujang menuturkan, bahwa memang terkait dengan pengecekan rutin di tempat dan lokasi rawannya penyebaran virus ini sempat tidak dilakukan lantaran pandemi Covid-19.

Namun untuk di tahun 2023 mendatang kegiatan rutin ini akan dilakukan kembali sebagai upaya pencegahan dan pendeteksian dini.

"Memang meningkatnya kasus HIV ini disebabkan karena pola pergaulan yang bebas dan tidak menggunakan pengaman saat melakukan hubungan.

Maka dari itu kita di tahun depan akan melanjutkan kegiatan pendeteksian dini di tempat dan lokasi rawannya penyebaran virus ini. Karena selama pendemo kita tidak dapat melakukan kegiatan tersebut,"pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: