Vaksin Moderna Kosong, Vaksinasi Booster untuk Tenaga Kesehatan di Lebong Jalan di Tempat

Vaksin Moderna Kosong, Vaksinasi Booster untuk Tenaga Kesehatan di Lebong Jalan di Tempat

Dinkes Lebong alami kekosongan vaksin-Foto Adrian Roseple-Foto Dok

LEBONG, RADARLEBONG.ID - Kekosongan stok dosis moderna menjadi biang kerok sehingga pelaksanaan vaksinasi booster kedua atau suntik vaksin keempat yang menyasar seluruh Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kabupaten Lebong jalan di tempat.

Hal ini disampaikan Kepala Dinkes Lebong, Rachman, SKM melalui  Kasubbid Surveilans Imunisasi, Donny Novriansyah, S.Kep, MKM.

"Iya, untuk realisasi capaian vaksinasi booster atau suntik keempat masih sangat rendah, karena dalam pelaksanaannya terkendala dosis vaksin yang saat ini mengalami kekosongan," kata Donny.

Diakuinya, dari total total sebanyak 757 nakes yang menjadi sasaran suntik vaksin booster kedua, saat ini baru 62 nakes saja yang sudah disuntik vaksin. Sedangkan sisanya masih menunggu persediannya dosis dari Pemprov Bengkulu.

BACA JUGA:Nakes yang Sudah Suntik Booster Kedua Masih Secuil

"Sampai hari ini (kemarin,red) total nakes yang sudah disuntik vaksin booster kedua baru 62 orang atau 8,36 persen," katanya.

Lebih jauh, dijelaskannya, pemberian suntik vaksin booster kedua sendiri atas dasar instruksi pemerintah pusat, yang dilakukan secara bertahap.

Dengan adanya kekurangan tersebut, pihaknya telah mengusulkan tambahan stok vaksin ke Dinkes Provinsi Bengkulu. 

Hal ini bertujuan agar stok vaksinasi kembali tersedia dan bisa mencukupi kebutuhan nakes yang belum mendapat suntik vaksin.

"Karena sesuai dengan surat edaran dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) seluruh pemerintah di Indonesia termasuk daerah Lebong di haruskan melaksanakan suntik vaksin booster kedua, mudah-mudahan dengan kita mengusulkan kembali vaksinasi itu bisa diakomodir," singkatnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: