Sampah Dibuang Berserakan, Warga Tutup TPA Air Kopras

Sampah Dibuang Berserakan, Warga Tutup TPA Air Kopras

SAMPAH : Sampah berserakan di jalan menuju TPA Air Kopras. -foto dokumentasi-

LEBONG, RADARLEBONG.ID -  Warga Desa Air Kopras Kecamatan Pinang Belapis, selasa pagi (13/09/2022) terpaksa menutup sementara TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Air Kopras.

Penutupan sementara tersebut buntut dari aksi protes warga akan sampah yang dibuang tak sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur).

Dari hasil pantauan Radar Lebong, terlihat sampah yang rutin dibuang 3 kali setiap hari oleh truk sampah milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lebong tersebut berserakan di jalan masuk ke TPA. 

Di portal pintu masuk TPA yang tertutup tersebut terpampang tulisan " Jalan Ini Kami Tutup Untuk Sementara, hingga ada Tindak Lanjut dari DLHKP Lebong". 

BACA JUGA:Per Bulan Volume Sampah di Lebong Capai 1,3 Ton

Hingga berita ini diturunkan penutupan TPA yang telah berlangsung sejak dari pukul 09.00 wib hingga pukul 12.45 wib masih berlangsung.

Kadus Air Kopras Dusun 3, Jerry Harnoki, S.I.Pust mengatakan kondisi sampah yang berserakan tersebut kian membuat warga resah. Pasalnya, sampah yang berserak hanya berjarak sekitar 100 meter dari permukiman warga.

" Kami tidak melarang sampah dibuang di TPA, tapi kami ingin agar dibuang sesuai SOP OPD terkait lah, seperti apa. Kalau saat ini, bisa dilihat sendiri lah, sampah yang berserakan jelas membuat warga resah, apalagi jalan TPA ini akses warga ke kebun," terang Jerry.

Dan penutupan TPA tersebut, lanjut Jerry masih akan tetap berlamgsung hingga ada tindaklanjut dari DLH Lebong agar dapat melakukan pembersihan sampah yang berserakan tersebut dan bisa dibuang kedalam luibang sampah yang tersedia di TPA.

BACA JUGA:Peringati HPSN 2022, Bupati: Stop Buang Sampah ke Sungai!

" Kondisi sampah yang berserak ini bukan untuk pertama kali saja, sudah sering, kalau kami tegur baru dibuang kedalam lubang. Initnya, kami harap ada tindaklanjutnya , kalau tidak juga, terpaksa TPA masih akan kami tutup. Dan kedepan, harapannya TPA ini bisa dialihkan ke lokasi jauh dari permukiman warga," harapnya. 

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lebong Indra Gunawan SP dikonfirmasi terkait penutupan TPA Air Kopras tersebut mengaku telah menerima laporan dari petugas DLH akan penutupan TPA tersebut.

" Ya, laporannya sudah kami terima. Kami siap tindaklanjuti permintaan warga soal sampah yang berserak tersebut," singkatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: