Per Bulan Volume Sampah di Lebong Capai 1,3 Ton

Per Bulan Volume Sampah di Lebong Capai  1,3 Ton

Angkut: Pasukan orange saat mengangkut tumpukan sampah yang berada di belakang kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Lebong, jumat lalu.-Foto Amri Rakhmatullah/radarlebong-radarlebong.id

LEBONG, RADARLEBONG.ID - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lebong mencatat total volume sampah di Kabupaten Lebong dalam satu bulan mencapai sebanyak 1,3 ton. 

Jumlah tersebut berdasarkan hitungan per hari sampah yang diangkat ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Air Kopras Kecamatan Pinang Belapis. 

"Sesuai hitungan dan hasil penelitian di tahun 2021 lalu, volume sampah di Kabupaten Lebong per per hari 43.491,2 kilogram. Artinya dalam satu bulan sampah di Lebong itu mencapai 1,3 ton," kata Kabid Kebersihan dan Persampahan DLH Lebong, Indra Syarifudin, ST, ME, Jumat (19/8) kemarin.

Diakuinya, untuk memaksimalkan penanganan sampah di Kabupaten Lebong, pihaknya meminta adanya peran serta dari masyarakat untuk mengurangi volume sampah. 

BACA JUGA:Berikut Sekolah Pemenang Lomba Gerak Jalan di Lebong, Hadiahnya Hanya Piala dan Piagam

Apalagi mengingat volume sampah itu terus meningkat setiap tahunnya, sehingga diharapkan adanya peran serta dari masyarakat Lebong. 

"Dalam menangani volume sampah, kami (DLH,red) sudah melakukan berbagai upaya untuk mengurangi volume sampah. Salah satunya dengan membangun Tempat Pembuanga Sampah (TPS) di berapa titik yang tersebar dalam wilayah Kabupaten Lebong. Diharapakan masyarakat bisa ikut serta membantu mengurangi volume sampah," harapnya. 

Sementara itu, dirinya mengaku bahwa pihaknya belum memiliki timbangan yang seharusnya ditempatkan di lokasi 

Timbangan tersebut untuk mengetahui berapa ton sampah yang masuk ke TPA yang ditangani setiap harinya.

"Harapan kami Kabupaten Lebong bisa memiliki timbangan tersebut, sehingga dalam setiap harinya bisa diketahui berapa volume sampah di Lebong," pungkasnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: