Dilantik 27 Mei, 312 PPS Lebong Ngegas Langsung Lakukan Pemuktahiran Data Pemilih Pilkada Lebong

Dilantik 27 Mei, 312 PPS Lebong Ngegas Langsung Lakukan Pemuktahiran Data Pemilih Pilkada Lebong

312 PPS Lebong Ngegas Langsung Lakukan Pemuktahiran Data Pemilih Pilkada Lebong -foto :amri rakhmatullah/radarlebong-

LEBONG,RADARLEBONG.ID - Usai dilantik pada 27 Mei 2024, sebanyak 312 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten LEBONG langsung ngegas untuk melaksanakan proses pemuktahiran data pemilih

Kegiatan ini dilakukan dengan mengcroscek data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) yang diturunkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Proses pemuktahiran data pemilih ini berlangsung selama dua hari, yaitu 27-28 Mei 2024. Pada 29 Mei 2024, data yang telah dimutakhirkan harus diinput ke dalam sistem data pemilih KPU RI.

"Tujuan utama pemuktahiran data pemilih ini adalah untuk memastikan akurasi data yang digunakan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024," ujar Koordinator Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Lebong, Rio Arianugraha, SP.

BACA JUGA:Jaga Integritas! KPU Lebong Lantik Anggota PPK untuk Pilkada 2024

Lebih lanjut, Rio menjelaskan bahwa DP4 untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Lebong mengalami peningkatan jumlah pemilih dibandingkan dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu Februari 2024.

Tercatat, terdapat 961 pemilih baru dalam DP4 Pilkada 2024.

"Tugas utama PPS dalam proses pemuktahiran data pemilih adalah memverifikasi apakah data pemilih dalam DP4 benar-benar berada di wilayah kerja mereka masing-masing," ungkap Rio.

Setelah proses pemuktahiran data pemilih selesai, PPS selanjutnya akan melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih dengan melibatkan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (Pantarlih).

BACA JUGA:Tes Wawancara PPK Lebong Dimulai,Pelantikan 15 Mei

Pembentukan Pantarlih sendiri akan dilakukan oleh masing-masing PPS pada awal Juni 2024.

Proses Coklit data pemilih oleh Pantarlih akan berlangsung selama satu bulan, yaitu mulai 24 Juni hingga 24 Juli 2024.

Dalam proses ini, Pantarlih akan mendatangi langsung rumah-rumah warga untuk mencocokkan data pemilih dan memastikan keabsahannya.

Meskipun baru saja dilantik, Rio optimis bahwa 312 PPS di Kabupaten Lebong mampu menjalankan tahapan Pilkada 2024 dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: