4 Jenis Kopi Indonesia Yang Menjadi Kiblat Dunia

 4 Jenis Kopi Indonesia Yang Menjadi Kiblat Dunia

kopi Indonesia-foto :tangkapan layar-

RADARBONG.ID- Kopi diperkenalkan di Nusantara oleh Belanda yang pada awalnya menanam pohon-pohon kopi di sekitar wilayah kekuasaan mereka di Batavia.

Namun kemudian dengan cepat mengekspansi produksi kopi ke wilayah Bogor dan Sukabumi di Jawa Barat di abad ke-17 dan abad ke-18.

Indonesia terbukti memiliki iklim yang hampir ideal untuk produksi kopi dan karenanya perkebunan-perkebunan segera didirikan di wilayah-wilayah lain di Jawa, Sumatra dan juga di Sulawesi.

Kopi merupakan hasil pertanian yang ada di Indonesia, sebagian besar masyarakat Indonesia berprofesi sebgai petani.

BACA JUGA:Rahasia Petani Lebong: Panen Kopi 4 Ton per Hektar dengan Kopi Stek!

Tercatat sebagai negara penghasil kopi ke-4 terbesar di dunia, Indonesia mempunyai beragam jenis varietas kopi yang populer di dunia.

Salah satunya ialah kopi luwak yang terkenal karena proses panennya yang rumit sehingga membuat harganya mahal.

Indonesia termasuk salah satu negara pemasok kopi dunia. Nomor tiga setelah Brasil dan Vietnam.

Dari data Kementerian Perindustrian, pada 2012 Indonesia mampu memproduksi sedikitnya 748.000 ton atau 6,6 persen dari produksi kopi dunia.

Luas lahan perkebunan kopi di Indonesia mencapai 1,3 juta hektar (ha) dengan luas lahan perkebunan kopi robusta mencapai 1 juta ha dan luas lahan perkebunan kopi arabika mencapai 0,30 ha.

Hanya saja, dalam beberapa tahun terakhir jumlah eksportir kopi menyusut.

Pada saat ini, perkebunan kopi Indonesia mencakup total wilayah kira-kira 1,24 juta hektar, 933 hektar perkebunan robusta dan 307 hektar perkebunan arabika.

Jumlah Produksi Kopi Indonesia menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2019 berjumlah 742 ribu Ton.

98,6% dari total produksi dihasilkan oleh perkebunan kopi rakyat (731,6 ribu ton), 0,8% dihasilkan oleh perkebunan besar negara (5,6 ribu ton), 0,6% dihasilkan oleh perkebunan besar swasta (4,4 ribu ton). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: