Mudah dan Aman, Emak-emak Lebong Pilih Suntik KB untuk Cegah Kehamilan

Mudah dan Aman, Emak-emak Lebong Pilih Suntik KB untuk Cegah Kehamilan

Mudah dan Aman, Emak-emak Lebong Pilih Suntik KB untuk Cegah Kehamilan-foto : adrian roseple/radar lebong-

RADARLEBONG.ID - Alat kontrasepsi jenis KB suntik merupakan Alat kontrasepsi yang paling banyak digunakan oleh emak-emak di Kabupaten Lebong.

Kepala DP3APPKB Lebong, Yuswati, SKM, melalui Kabid KB, Ice Andriani, S.Kep, SKM menjelaskan bahwa keuntungan alat kontrasepsi suntik KB yang paling banyak diminati,

karena peserta KB menilai penggunaannya sangat efektif untuk mencegah kehamilan. 

"Alat kontrasepsi jenis suntik KB banyak diminati, karena memang penggunaannya sangat simpel dan mudah, terutama sangat relatif aman untuk ibu menyusui," jelas Ice. 

BACA JUGA:Wow! Ribuan Perempuan Usia Subur di Lebong Terbanyak Gunakan Suntik KB

Disebutkannya, untuk jumlah peserta KB baru yang terdata pada fasilitas kesehatan pemerintah tahun 2023, tercatat ada sebanyak 1.130 peserta. Rinciannya, 843 peserta suntik KB, 

Pil 102 peserta, Kondom 27 peserta, Implan 121 peserta, IUD 17 peserta, dan Tubektomi 10 peserta. 

Kemudian, peserta KB baru yang terdata pada fasilitas kesehatan swasta sebanyak 34 peserta, meliputi Suntik 17 peserta, Implan 15 peserta, dan IUD 2 peserta. 

"Untuk jumlah pserta KB baru yang terdata pada fasilitas kesehatan RSUD, tercatat sebanyak 35 peserta meliputi, Suntik 12 peserta, Implan 2 peserta, IUD 5 peserta, dan Tubektomi 16 peserta," lanjutnya. 

BACA JUGA:Alat Suntik KB hingga Obat Demam Terbanyak Limbah Medis Dibuang Sembarangan

Lebih jauh, bahwa penggunaan alat kontrasepsi sendiri mengalami peningkatan bila dibanding di tahun 2022 lalu,

peningkatan tersebut dikarenakan adanya peningkatan jumlah fasilitas kesehatan yang sudah bisa memberikan pelayanan KB kepada masyarakat, terutama bagi peserta atau pasien yang sudah memiliki kartu JKN KIS.

"Perlu kami sampaikan penggunaan alat kontrasepsi jenis Implan dan IUD sendiri hanya bisa diberikan oleh bidan yang sudah terlatih atau bidan yang sudah CTU.

Maka diimbau kepada peserta KB khususnya usia subur untuk menggunakan alat kontrasepsi yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing peserta," imbuhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: