Jumlah ASN Lebong Menyusut, Pelayanan Tetap Optimal

Jumlah ASN Lebong Menyusut, Pelayanan Tetap Optimal

Jumlah ASN Lebong Menyusut, Pelayanan Tetap Optimal--

RADARLEBONG.ID - Jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu, terus menyusut.

Pada tahun 2023, sebanyak 74 PNS memasuki masa pensiun. Rinciannya, 37 di antaranya adalah tenaga guru, 25 tenaga teknis, 2 tenaga kesehatan, dan 10 pensiun janda duda.

Akibatnya, jumlah ASN Lebong saat ini hanya mencapai 2.243 orang. Jumlah ini jauh dari kebutuhan Lebong yang diperkirakan mencapai 3.000 pegawai.

Meskipun demikian, pelayanan di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lebong tetap berjalan dengan baik.

BACA JUGA:ASN Lebong Bersabar! TPP September dan Oktober Segera Cair

Hal ini berkat bantuan Tenaga Harian Lepas (THLT) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang diangkat oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong pada tahun 2022.

"Walaupun kekurangan pegawai, pelayanan di setiap OPD tetap optimal dengan dukungan THLT dan PPPK yang telah diangkat Pemkab tahun lalu," ungkap Kepala Bidang Pengadaan Pegawai Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lebong, Chandra, SE.

Menurut Chandra, Pemkab Lebong telah berupaya untuk memenuhi kebutuhan ASN dengan melakukan rekrutmen PPPK pada tahun 2022.

Namun, jumlah yang direkrut masih jauh dari kebutuhan.

BACA JUGA: Oknum ASN Lebong Diduga Langgar Netralitas di Medsos, Bawaslu Lebong Sudah Klarifikasi , Ini Kesimpulannya...

"Tahun depan, diperkirakan 56 PNS akan memasuki BUP, terutama tenaga guru yang masih mendominasi. Oleh karena itu, setiap tahun terjadi pengurangan pegawai, namun kebutuhan tersebut terus diatasi dengan rekrutmen baru," tambah Chandra.

Pemkab Lebong berharap, pemerintah pusat dapat memberikan perhatian khusus terhadap kebutuhan ASN di Lebong.

Hal ini penting untuk memastikan pelayanan publik di Lebong tetap berjalan dengan baik.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: