Duta Genre Lebong, Upaya Pencegahan Stunting dari Akar Rumput

Duta Genre Lebong, Upaya Pencegahan Stunting dari Akar Rumput

Duta Genre Lebong, Upaya Pencegahan Stunting dari Akar Rumput--(dok/rl)

RADARLEBONG.ID - Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Lebong melantik duta genre tingkat desa/kelurahan Kecamatan Amen, Jumat (27/10/2023).

Duta genre yang dilantik masing-masing desa/kelurahan 2 orang, laki-laki dan perempuan.

Mereka akan menjadi perpanjangan tangan DP3APPKB Kabupaten Lebong dalam mensosialisasikan program keluarga berencana (KB) di lingkungannya masing-masing.

BACA JUGA: Belasan Desa Ajukan Pengajuan DD Tahap III

Kepala DP3APPKB Lebong, Hj. Yuswati, S.KM, M.AP, mengatakan bahwa duta genre memiliki tugas untuk memberikan contoh dan mengedukasi masyarakat terkait dengan generasi berencana.

"Duta genre harus menjadi contoh dan mengedukasi generasi berencana, seperti tidak melakukan pernikahan dini, tidak seks bebas, dan tidak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba," kata Yuswati.

Yuswati menambahkan, langkah ini diharapkan dapat berdampak terhadap upaya pencegahan dan penurunan kasus stunting di Kabupaten Lebong.

BACA JUGA:Banpol di Lebong Jadi Sorotan BPK, Parpol Diminta Gunakan Sesuai Ketentuan

Stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis, infeksi berulang, dan stimulasi psikososial yang tidak memadai.

"Dengan adanya duta genre di setiap desa/kelurahan, diharapkan kasus pernikahan dini, seks bebas, dan penyalahgunaan narkoba dapat ditekan, sehingga dapat mencegah stunting," pungkas Yuswati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: