Antisipasi Kekeringan Dampak El Nino di Bengkulu Utara, Pemdes Diimbau Mulai Inventarisir Kantong-kantor Air

Antisipasi Kekeringan Dampak El Nino di Bengkulu Utara, Pemdes Diimbau Mulai Inventarisir Kantong-kantor Air

Kepala DPMD BU menngingatkan antisipasi hadapi dampak el nino untuk pemdes.--

BENGKULU UTARA, RADARLEBONG.ID - Menghadapi dampak iklim fenomena El Nino, yang mengancam timbulnya bencana kekeringan seyogyanya menjadi perhatian semua pihak.

Terutama, pemerintah desa. Dimana, pihak DPMD Bengkulu Utara mengingatkan semua Pemdes untuk dapat melakukan persiapan antisipasi menghadapi El Nino ini. Hal ini disampaikan oleh Kepala DPMD BU Margono, S.Pd.

"Saya sudah mengimbau kepada seluruh desa mulai menginventarisir keberadaan kantong-kantong air di masing-masing desanya. Hal ini dilakukan, untuk mengantisipasi dampak fenomena El Nino ini," ujar Margono.

Ia pun menjelaskan, kantong air yang dimaksud minimal memiliki sumber air yang tidak mudah kering saat musim kemarau dan akses menuju kawasan yang mudah digali untuk memperoleh air tanah.

BACA JUGA:Terkait Prediksi Serangan Badai El Nino, Kementan Berpesan Begini

Kemudian, mulai menginventarisir titik titik yang memiliki persediaan air. Ini dilakukan agar ketika kekeringan terjadi, kantong air yang tersedia bisa dimanfaatkan oleh masyarakat desa untuk memenuhi kebutuhan air bersihnya.

"Kita juga telah memberi kewenangan khusus kepada seluruh desa dalam menghadapi dampak kekeringan yang timbul akibat fenomena El Nino ini.

Diantaranya desa bisa melakukan perubahan terhadap APBDes 2023 melalui Perkades untuk melaksanakan pembuatan sumur bor.

Bila memungkinan dan diharuskan, pemerintah desa bisa membuat sumur bor lewat dana desa (DD) untuk mengantisipasi kesulitan warganya memperoleh air saat musim kemarau panjang," imbuhnya.(aer)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: