PNS Lebong Tahun Ini Kembali Berkurang, Didominasi Tenaga Guru

PNS Lebong Tahun Ini Kembali Berkurang, Didominasi Tenaga Guru

Kabid Mutasi dan Pengadaan Pegawai, Chandra, SE. -Foto Adrian Roseple-Radar Lebong

RADARLEBONG.ID - Hampir setiap tahun, jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Lebong terus menyusut.

Penyusutan disebabkan adanya ASN yang telah memasuki Batas Usia Pensiun (BUP) dan Pindah Tugas dari Kabupaten Lebong.

"Kedua faktor ini merupakan penyebab Lebong setiap tahunnya mengalami kekurangan jumlah PNS," kata Kepala BKPSDM Lebong, Beny Khodratulla, MM melalui Kabid Mutasi dan Pengadaan Pegawai, Chandra, SE. 

Lanjut Chandra menerangkan, tercatat 93 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemkab Lebong yang memasuki masa purna tugas atau pensiun di tahun 2023. Dari jumlah itu pensiun didominasi tenaga guru.

BACA JUGA:Kode Keras!! PNS Dilarang Pakai Gas LPG 3 Kg, Berlaku Tahun 2024

BACA JUGA:Seleksi CPNS 2023 Dikabarkan Terancam Batal, BKN Beri Penjelasan Begini..

"Ada sekitar 93 orang dan sudah termasuk pensiun yang meninggal dunia. Mereka (PNS,red) yang pensiun didominasi tenaga guru," kata Chandra. 

Meski banyaknya ASN yang memasuki masa pensiun terutama guru, namun hal itu tidak berpengaruh terhadap beban kerja di satuannya masing-masing. Terlebih di tahun ini pemerintah pusat kembali membuka rekrutmen PPPK, artinya dengan adanya peluang tersebut akan mengisi kekosongan pada jabatan tersebut. 

"Dengan adanya perekrutan PPPK tersebut maka jabatan yang kosong terhadap guru pensiun itu dipastikan akan kembali terisi," terangnya. 

Sementara itu, untuk jumlah ideal PNS Lebong sebanyak 3.000 orang yang semestinya dimiliki, namun saat ini Lebong hanya memiliki kurang lebih sebanyak 2.412 orang.(wlk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: