Catat Bun, Sepeda Motor Dilarang Ditunggangi Anak Dibawah Umur

Catat Bun, Sepeda Motor Dilarang Ditunggangi Anak Dibawah Umur

Kasat Lantas Polres Lebong -foto : adrian roseple/radarlebong-

RADARLEBONG.ID - Satlantas Polres Lebong mengimbau para orangtua untuk tidak memberikan ranmor atau kendaraan bermotor pada anak dibawah umur.

 Imbauan itu mengingat akhir-akhir ini banyaknya kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi di wilayah Lebong dan yang terlibat sebagian besar yaitu anak-anak.

" Kepada orang tua jangan biarkan anak-anak di bawah umur untuk mengendarai sepeda motor, wujud sayang orang tua dengan mengawasi dan membatasi anaknya untuk tidak melakukan kegiatan yang belum sesuai usianya," kata Kapolres Lebong, AKBP. Awilzan, SIK melalui Kasat Lantas, Iptu. Arief Abdullah.

Lanjut Kasat, jika masih banyak menemukan anak bawah umur yang mengendarai sepeda motor di wilayah Kabupaten Lebong, apalagi tidak jarang anak-anak yang mengendarai motor tidak menggunakan atribut kelengkapan berkendara.

BACA JUGA:Mau Buat SIM Gratisan, Satlantas Polres Lebong Buka di 2 Lokasi Ini

BACA JUGA:Satlantas Kembali Jaring Kendaraan Belum Bayar Pajak

"Masih banyak ditemukan, harapan kami orang tua bisa memperhatikan keselamatan anak-anaknya," imbuhnya. 

Selain itu kepada sekolah ia meminta untuk menggiatkan lagi penanaman kedisiplinan anak-anak untuk tidak mengendarai sepeda motor masuk ke dalam lingkungan sekolah. Karena menurutnya peran guru dan seluruh komponen masyarakat untuk terlibat langsung sangat penting. 

"Misalnya, memberikan pengawasan dan edukasi tentang bahayanya mengendarai sepeda motor bagi anak-anak di bawah umur," lanjutnya. 

Sementara itu, pihaknya juga meminta kepada sekolah untuk tidak membiarkan anak muridnya mengenakan sepeda motor dihalaman sekolah apabila nanti ditemukan diharapkan sekolah bisa tegas memberikan Sanki ataupun teguran bagi siswa tersebut.

"Mari kita semua menjadi agen perubahan dalam berlalu lintas, ubah mindset bahwa tertib berlalu lintas ini menjadi kebutuhan kita bersama. Kelengkapan berkendara adalah yang utama sebelum berkendara," singkatnya. (wlk) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: