Puasa Namun Tak Sholat, Apa Resmi Puasanya? Baca Fatwanya

Puasa Namun Tak Sholat, Apa Resmi Puasanya? Baca Fatwanya

Jadwal lengkap imsakiyah dan buka puasa wilayah Lebong.--ist

RADARLEBONG.ID - Bulan suci Ramadan yang jatuh di 23 Maret 2023, bakal lekas dikerjakan semua oleh umat muslim.

Ya, puasa Ramadhan serta Sholat adalah rukun islam yang mesti dilakukan oleh tiap-tiap muslim.

Berbarengan dengan itu, tampil pertanyaan berkaitan hukum puasa akan tetapi tak mengerjakan sholat 5 waktu.

Dikarenakan, ada sejumlah umat Muslim yang semangat melaksanakan puasa Ramadan namun ketika yang berbarengan tinggalkan shalat mesti 5 waktu. Walaupun sebenarnya dalam Islam, shalat mesti 5 waktu adalah beribadah inti yang jangan dibiarkan.

BACA JUGA:Hibah Rumah Ibadah Disiapkan Rp275 Juta, Baru 9 Proposal yang Disodor

BACA JUGA:Ciri-ciri Orang Munafik Menurut Ustadz Adi Hidayat, Simak Penjelasannya Sebelum Tertipu!

Pada situasi begitu, sahkah puasa satu orang yang tinggalkan shalat mesti 5 waktu?

Perihal ini sama dengan hasil fatwa Darul Ifta di Mesir yang diterbitkan dalam majalah Amanah Ammah lil Fatwa;

Barangsiapa berpuasa akan tetapi tak shalat, jadi puasanya resmi tak gagal. Perihal ini sebab syahnya puasa tak ditentukan mesti mengerjakan shalat.

Akan tetapi ia dianggap udah melaksanakan dosa besar sebab tinggalkan shalat itu, serta ia mesti lekas bertaubat pada Allah.

Tentang hal tentang pahala, jadi seluruhnya diberikan pada Allah serta pastinya orang yang berpuasa serta melaksanakan shalat lebih diinginkan diterima serta mendapat pahala dibanding dengan yang berpuasa akan tetapi tak mengerjakan shalat.

Sedangkan, Ustadz H. Agus Mukmin, Lc. M.Hum, lewat kanal Youtube yang udah muncul di 14 April 2021 di Kanal Yotube punyanya "Nyantri Kanal" memperjelas hukum puasa buat orang yang tinggalkan sholat

Menurut dia, agi seseorang muslim sholat serta puasa ramadhan adalah beribadah yang mesti diselesaikan, yang mana ke-2  perintah ini tergolong dalam rukun islam yang lima.

Sholat mesti diselesaikan 5x dalam seharian semalam, sementara itu puasa ramadhan waktu pengerjaannya cuman 30 hari waktu bulan ramadhan.

Terus bagaimanakah hukum puasa buat seseorang mukmin yang tak sholat? Dalam keterangan yang diungkapkan ust. H. Agus Mukmin, kalau ada 2 (dua) syarat-syarat hukum yang dipakai buat orang itu.

Hukum yang pertama, apabila orang itu tinggalkan sholat waktu jalankan beribadah puasa ramadhan disebabkan oleh merasa kalau sholat adalah perihal yang tak mesti diselesaikan jadi orang itu dapat disebut selaku seseorang yang murtad serta puasanya dikira gagal.

Lalu, Hukum yang ke-2 , Apabila orang itu tinggalkan sholat waktu puasa disebabkan kesalahan, malas maupun lupa jadi orang itu masih muslim serta tak menghentikan beribadah puasanya.

Namun demikian dapat kurangi kesempurnaan beribadah puasanya.

Nah, itu penjelasan terkait hukum puasa buat orang yang tak sholat 5 waktu berfaedah buat kita semua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: