42 Jiwa Warga Ini Idap Gangguan Jiwa, Tetap Rutin Jalani Pengobatan

42 Jiwa Warga Ini Idap Gangguan Jiwa, Tetap Rutin Jalani Pengobatan

ilustrasi-foto : jpnn-

RADARLEBONG.ID - Sebanyak 42 jiwa warga dalam wilayah Kecamatan Lebong Utara mengalami masalah gangguan kejiwaan.

Jumlah tersebut sesuai data Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Muara Aman yang tersebar di setiap desa dalam wilayah tersebut.

Kepala Puskesmas, Sti Hastuti, Amd. Keb. SKM melalui Kepala Tata Usaha (TU) Asman, SKM mengatakan 42 jiwa mengalami gangguan kejiwaan atau ODGJ tersebut meliputi 30 jiwa laki-laki dan 12 jiwa perempuan.

Dari semua pasien dipastikan tidak ada yang dalam kondisi di pasung oleh pihak keluarga.

BACA JUGA:Layanan Jemput Bola Rekam e-KTP ke 15 Sekolah Capai 530 Jiwa

BACA JUGA:Alami Gangguan Kejiwaan, Kasus Mutilasi Pemakan Kucing Dihentikan

"Untuk pasien ODGJ yang kita tangani ada sebanyak 42 jiwa, namun mereka (pasien,red) yang ditangani tidak ada yang dipasung," kata Asman.

Lebih jauh, saat ini seluruh pasien  masih rutin menjalani perawatan hingga pemberian obat-obatan dari  puskesmas. Bahkan untuk persedian stok obat pasien ODGJ di puskesmas masih sangat aman.

"Semua pasien masih rutin menjalani pengobatan, bahkan beberapa pasien sudah banyak kondisinya mulai membaik," ujar Asman.

Dia menambahkan, bahwa  penyembuhan pasien ODGJ sendiri tidak hanya bisa dilakukan oleh pihak kesehatan

BACA JUGA:Di Lebong Ada 308 Jiwa Penyandang Disabilitas, Pendampingnya Hanya Satu

BACA JUGA:Spirit Doll Dianggap Anak, Tanda Ada Masalah Kejiwaan

saja, melainkan diperlukan adanya kerjasama seluruh stake holder, salah satunya peran serta Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Lebong.

Tak hanya itu, peran serta pihak keluarga sangat penting terhadap kesembuhan para pasien ODGJ. Karena memang pihak keluarga lebih dekat dan lebih mengetahui kondisi pasien.

"Kami berharap semua pihak dapat bekerjasama untuk penyembuhan para pasien ODGJ, karena memang penyembuhan para pasien tidak bisa hanya dilakukan oleh petugas  kesehatan saja," singkatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: