Perkiraan Cuaca Buruk BMKG, Buah Pinang Sulit Dipinang Pembeli

Perkiraan Cuaca Buruk BMKG, Buah Pinang Sulit Dipinang Pembeli

Open: Salah satu toke saat mengeringkan buah pinang dengan menggunakan open. -foto : carles/radarlebong-redaksi

LEBONG SAKTI,  RADARLEBONG.ID -  Prakiraan cuaca buruk dari Badan Metereologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Bengkulu yang terjadi dalam beberapa hari ini.

Membuat, buah pinang sulit dipinang oleh pembeli.Bagaimana tidak buah pinang yang mereka olah tidak dapat dijemur akibat faktor cuaca buruk.

Putra (45), salah seorang warga setempat mengungkapkan hujan yang terus terjadi membuat proses penjemuran dan pengeringan buah pinang menjadi lebih lama.

Bahkan, saat ini mereka pun harus bermodalkan gas untuk pengolahan buah pinang dengan menggunakan Open.

BACA JUGA:Sebagian Petani di Lebong Terlambat Turun Tanam, Gegara Apa?

"Hujan yang terus terjadi akhir-akhir ini membuat kami kesulitan untuk menjemur buah pinang. Sehingga memaksakan kami harus mengeluarkan modal lebih untuk membeli gas untuk mengering buah pinang menggunakan open," katanya.

Tambahnya, bahwa saat ini harga jual buah pinang sudah mulai membaik, akan tetapi dengan kondisi cuaca buruk membuat kenaikan harga tersebut belum bisa dirasakan dengan maksimal.

Karena buah pinang yang diolah tidak kering 2 hingga 3 hari.

"Untuk harga jual buah pinang sekarang sudah lumayan lah pak, agak tinggi dari sebelumnya, karena kita jual dengan pengepulnya Rp 35 ribu perkilo, dari harga sebelumnya cuma 27 ribu perkilo," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: