Potensi Cuaca Ekstrem: BMKG Prediksi Hujan Lebat di Puncak Musim Kemarau

Potensi Cuaca Ekstrem: BMKG Prediksi Hujan Lebat di Puncak Musim Kemarau

prakiraan cuaca di sejumlah provinsi di Indonesia bulan Agustus 2024.-foto :freepik@kireyonok-yuliya-

RADARLEBONG.ID- Meski sedang berada di puncak musim kemarau, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan potensi cuaca ekstrem dengan hujan lebat masih akan turun di banyak provinsi di Indonesia selama 2-8 Agustus 2024.

Menurut BMKG, cuaca cerah mendominasi hampir seluruh pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan Kalimantan bagian selatan.

Namun, dalam sepekan ke depan, hujan berpotensi turun di beberapa wilayah, seperti sebagian besar Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Fenomena Cuaca yang Mendukung Hujan

BACA JUGA:Perjuangan Tak Kenal Lelah: Gregoria Mariska Tunjung Taklukkan Kim Ga Eun di Paris

BMKG menjelaskan bahwa keberadaan Gelombang Kelvin dapat meningkatkan potensi hujan di wilayah tersebut.

Selain itu, daerah pertemuan dan perlambatan angin serta pengaruh lokal seperti labilitas udara yang kuat juga mendukung pertumbuhan awan konvektif yang menyebabkan hujan.

Aktivitas Gelombang Rossby Ekuator yang bergerak ke arah barat terpantau aktif di wilayah Samudra Hindia barat Kepulauan Mentawai hingga Lampung dan Laut Andaman.

Aktivitas gelombang Kelvin diperkirakan aktif di Sumatra bagian selatan, Jawa bagian barat (6-8 Agustus 2024), Kalimantan, dan Sulawesi bagian utara (hingga 2 Agustus 2024).

BACA JUGA:BMKG: Masyarakat Diminta Waspada Cuaca Ekstrem di Masa Pancaroba

Kondisi tersebut meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi dan konfluensi yang terpantau memanjang di sebagian besar wilayah Indonesia.

Potensi Cuaca Signifikan

BMKG memperingatkan potensi cuaca signifikan berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat, petir, dan angin kencang di beberapa wilayah berikut:

• Aceh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: