Penyelesaian PTM Muara Aman Bakal Molor Lagi, Anggaran Disetujui Hanya Rp 4,5 Miliar

Penyelesaian PTM Muara Aman Bakal Molor Lagi, Anggaran Disetujui Hanya Rp 4,5 Miliar

Dinas PUPRPHub Lebong memberikan perpanjangan kontrak kepada rekanan pengerjaan PTM Muara Aman yang belum lama ini ditinjau Bupati Lebong.-foto: istimewa-redaksi

LEBONG, RADARLEBONG.ID - Pedagang eks kios Pasar Muara Aman tampaknya mesti lebih bersabar untuk menempati Pasar Tradisional Modern (PTM) eks Kios Pasar Muara Aman.

Bagaimana tidak, finishing PTM Muara Aman yang sebelumnya membutuhkan anggaran Rp 6 miliar, namun hanya disetujui dalam APBD Lebong tahun 2023 sebesar Rp 4,5 miliar.

Kabid Cipta Karya Dinas PUPR-Hub Lebong, Mast Irwan Nugroho, ST,  mengakui jika rencana penyelesaian pembangunan ini dilakukan tahun 2023 jika kebutuhan anggaran Rp 6 miliar terpenuhi.

Hanya saja, ia mengaku jika rencana ini terpaksa di undur. Pasalnya, kebutuhan anggaran yang terungkap dalam hearing antara DPRD Lebong bersama Perkumpulan Pedagangan Lebong (PPL) serta OPD terkait, tidak terpenuhi seperti yang terungkap dalam hearing yang dilaksanakan pada Kamis, 24 November 2022.

BACA JUGA:PTM Muara Aman Disebut Gagal Perencanaan, PU Minta Tambah Dana 6 Miliar Lagi

"Memang anggaran sampai finishing itu dibutuhkan Rp 6 miliar dengan target tahun 2023 selesai dibangun sehingga tahun 2024 sudah bisa operasikan. Namun, anggaran yang disetujui pasca pengesahan APBD 2023 hanya sebesar Rp 4,5 miliar. Artinya, rencana penyelesaian pembangunan PTM tahun 2023 sampai bisa operasikan, terpaksa kita undur," ungkapnya.

Anggaran sebesar Rp 4,5 miliar yang sudah dialokasikan dalam APBD 2023 ini, akan digunakan untuk finishing lantai 4 pasar, instalasi pemadam kebakaran serta beberapa item kegiatan lainnya.

Ia mengaku, jika pihaknya akan membuat skala prioritas agar pekerjaan untuk menyelesaikan bangunan tersebut sehingga bisa segera ditempati pedagang.

"Kami akan berupaya dengan alokasi anggaran Rp 4,5 miliar ini, bisa dimaksilkan sehingga bangunan ini bisa dioperasikan tahun 2024 mendatang," terangnya.

BACA JUGA:Mendag Zulhas Akan Resmikan PTM Muara Aman yang Sudah Dilaunching Rosjonsyah, Pekerjaan Harus Selesai

Selain lanjutan pembangunan PTM eks Kios Pasar Muara Aman, tambahnya, tahun 2023 mendatang Bidang Cipta Karya Dinas PUPR-Hub Lebong juga akan melaksanakan beberapa pembangunan lainnya dengan pagu anggaran sebesar Rp 11,9 miliar yang telah disetujui dalam APBD Lebong tahun 2023.

"Ya, ada beberapa kegiatan lain seperti lanjutan rehab Masjid Agung Sultan Abdullah, Rehab Kantor Camat dan Kantor Lurah, dan beberapa kegiatan lainnya. Secara keseluruhan ada kurang lebih sekitar 20 paket termasuk kegiatan perencanaan dan pengawasannya," singkatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: