PTM Muara Aman Disebut Gagal Perencanaan, PU Minta Tambah Dana 6 Miliar Lagi

PTM Muara Aman Disebut Gagal Perencanaan, PU Minta Tambah Dana 6 Miliar Lagi

Hearing antara DPRD Lebong, PPL, dan OPD Pemkab Lebong terkait dengan Pasar Tradisional Modern (PTM) eks Kios Pasar Muara Aman.--amrirakhmatullah/radarlebong.id

LEBONG, RADARLEBONG.ID - Anggota DPRD Kabupaten Lebong, Wilyan Bachtiar, SIP, menyebut pembangunan Pasar Tradisional Modern (PTM) eks kios Pasar Muara Aman, gagal perencanaan.

Sebab, pembangunan PTM Muara Aman yang sudah dilaksanakan Pemkab Lebong selama 5 tahun belakangan ini atau tepatnya sejak 2018 silam, belum juga tuntas sampai saat ini.

"Selama 5 tahun, pembangunan PTM Muara Aman tidak juga tuntas-tuntas. Ini menjadi bukti bahwa pembangunan tersebut gagal perencanaan," ujarnya dalam hearing bersama Perkumpulan Pedagang Lebong (PPL), Kamis (24/11/2022).

Kondisi ini berimbas pada nasib pedagang eks kios Pasar Muara Aman yang sudah direlokasi Pemkab Lebong, namun tak kunjung bisa menempati bangunan pasar yang sudah menguras puluhan miliar APBD Lebong.

BACA JUGA:Mendag Zulhas Akan Resmikan PTM Muara Aman yang Sudah Dilaunching Rosjonsyah, Pekerjaan Harus Selesai

"Jika memang dengan tambahan dana Rp 6 miliar itu, pembangunan PTM Muara Aman tuntas 100 persen, saya mendukung jika itu diusulkan dalam RAPBD 2023," ujar Wilyan yang juga anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Lebong ini.

Namun, hal ini tergantung sikap dari Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Lebong. Kadang, tambah Wilyan, usulan yang disampaikan TAPD berbeda dengan kebutuhan OPD.


Pelaksana-pembangunan-PTM-eks-kios-pasar-muara-aman-yang-dilaksanakan-tahun-2019-silam.jpg--dokumen/radarlebong

"Kalau memang bisa selesai 100 persen dengan tambahan dana Rp 6 miliar di tahun 2023, ini harus masuk dalam skala prioritas. Agar pedagang bisa segera menempati bangunan mahal itu," tegasnya.

Kabid Cipta Karya Dinas PUPR-Hub Lebong, Mast Irawan Nugroho, ST, mengungkapkan sesuai perencanaan, penyelesaian pembangunan PTM eks Kios Pasar Muara Aman ini masih membutuhkan anggaran sebesar Rp 6 miliar lagi.

BACA JUGA:Diduga Korupsi PTM, Jaksa Tahan Mantan Kadis Perindagkop dan UKM Lebong

Anggaran ini, selain untuk penyelesaian kegiatan fisik, juga mencakup kelengkapan administrasi untuk memenuhi standar keamanan, pelayanan hingga pengelolaan PTM tersebut.

"Harus selesai dulu baru bisa beroperasi. Jika seluruh proses pembangunan ini sudah selesai 100 persen, baru akan dilimpahkan ke OPD teknis yakni Disperindagkop UKM," jelasnya.

Ia juga mengaku jika anggaran Rp 6 miliar untuk penyelesaian pembangunan PTM eks Kios Pasar Muara Aman ini sudah diusulkan pihaknya dalam RAPBD 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: