Jelang Musim Tanam, Harga Ikan Terjun Bebas

Jelang Musim Tanam, Harga Ikan Terjun Bebas

Trik cara menanam padi yang benar.-foto carles/radarlebong-redaksi

LEBONG TENGAH, RADARLEBONG.ID - Menjelang musim tanam pertama atau MT1 tahun 2022, harga ikan mas di Kabupaten Lebong terjun bebas.

Turunnya harga ikan mas tersebut karena banyak petani yang memiliki kolam ikan mulai melakukan panen sebagai persiapan menyambut musim tanam pertama.

"Benar, saat ini harga ikan mas sudah turun, karena banyak petani yang mulai mengeringkan kolam mereka untuk dibersihkan untuk menyambut musim tanam pertama.

Melimpahnya hasil panen petani inipun berimbas terhadap turunnya harga ikan," kata Azwan Ansori (42), salah satu petani Lebong Tengah.

BACA JUGA:Pasokan Air Jelang Turun Tanam Padi Dipastikan Aman

Diakuinya, saat ini harga jual ikan mas ditingkat petani Rp 24 ribu, dari harga sebelumnya harga Rp 40 ribu per kilogram.

Bahkan kondisi ini hampir terjadi setiap tahunnya ketika menyambut turun tanam serentak.

'Anjloknya harga jual ikan ini hampir terjadi setiap tahun menjelang turun musim tanam serentak," katanya.

Dia menambahkan, ia berharap pemerintah bisa membantu para petani untuk mengatasi turunya harga jual ikan setiap menyambut musim tanam, salah satunya bisa menampung hasil panen ikan milik para petani.

BACA JUGA:Hadapi Turun Tanam, Lahan Mulai Dibersihkan, Benih Padi Mulai Ditebar

Menurutnya langkah tersebut perlu dilakukan oleh Pemkab Lebong, sehingga nantinya para petani lebih mudah untuk mendapatkan bibit ikan.

"Turunnya harga ikan menjelang musim tanam ini terjadi setiap tahunnya, untuk itu diharapkan Pemkab Lebong bisa menampung hasil panen ikan para petani ditahun-tahun berikutnya," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: