Pasokan Air Jelang Turun Tanam Padi Dipastikan Aman

Pasokan Air Jelang Turun Tanam Padi Dipastikan Aman

Pintu air: Inilah pintu air BWS VII yang berada di desa Pungguk Pedaro kecamatan Bingin Kuning. -Foto Carles Jaya/radarlebong-redaksi

BINGIN KUNING, RADARLEBONG.ID - Para petani di Kecamatan Bingin Kuning tak perlu merasa khawatir, jika ingin turun menggarap lahan persawahan dalam menyambut Musim Tanam Pertama atau MT1 tahun 2022.

Karena dipastikan pasokan air untuk melakukan turun tanam sangat aman dan tidak ada kendala. Hal ini disampaikan Kordinator Penyuluh, Reti Puspita, SP. 

"Sejauh ini pasokan air dari Balai Wilayah Sungai (BWS) VII yang berada di desa Pungguk Pedaro sangat lancar, jadi bagi para petani yang ingin menggarap lahan sawah untuk menyambut MT1, tidak perlu khawatir karena pasokan air sangat aman," kata Reti Puspita. 

Disebutkannya, untuk keseluruhan lahan persawahan yang memanfaatkan air dari bendungan BWS VII, tercatat ada sebanyak 500 hektar.

BACA JUGA:Tempati Kantor Baru, Lurah Tunggu Serah Terima

Bahkan pemakaian air inipun tidak hanya petani kecamatan Bingin Kuning saja, melainkan kecamatan Lebong Sakti, Lebong Tengah, hingga Amen. 

"Untuk di Bingin Kuning ada sekitar 500 hektar lahan persawan yang memanfaatkan air dari bendungan BWS VII. Bendungan ini juga tidak hanya untuk masyarakat Bingin Kuning saja, namun juga tiga kecamatan lain yakni Lebong Sakti, Lebong Tengah dan Amen," ujarnya. 

Reti menambahkan, pihaknya mengimbau para petani untuk segera melakukan pengolahan lahan untuk menyambut musim tanam pertama.

Terlebih mengingat pasokan air tidak ada kendala dan sangat mencukupi. 

"Kami berharap, para petani di kecamatan Bingin Kuning bisa melakukan turun tanam secara serentak. Untuk itu diimbau agar kiranya para petani yang belum membersihkan lahan sawahnya agar segera dibersihka," demikian Reti. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: