Hadapi Turun Tanam, Lahan Mulai Dibersihkan, Benih Padi Mulai Ditebar

Hadapi Turun Tanam, Lahan Mulai Dibersihkan, Benih Padi Mulai Ditebar

Bibit: Tampak bibit padi yang mulai menghijau usai penebaran oleh petani. -Foto Carles Jaya/radarlebong-redaksi

LEBONG, RADARLEBONG.ID - Sebagai persiapan turun tanam serentak atau musim tanam pertama, saat ini sejumlah petani padi di kecamatan Lebong Sakti mulai melakukan berbagai persiapan.

Salah satunya melakukan penebaran benih padi atau penyemaian.  

Herwan (40), salah satu petani mengatakan para petani padi sudah melakukan penebaran benih, bahkan saat ini mayoritas benih padi rata-rata sudah berumur 6 hari atau satu minggu usai penebaran. 

"Iya, untuk diwilayah kita Lebong Sakti rata-rata petani sudah melakukan penebaran benih atau penyemaian yang sudah dilakukan sejak satu minggu. Bahkan sebagaian benih padi sudah mulai terlihat menghijau," kata Herwan. 

BACA JUGA:Jelang Musim Tanam, Traktor Mulai Difungsikan

Lanjutnya, sembari menunggu benih padi siap ditanam, petani juga mulai menyiapkan lahan mulai dari membersihkan rumput-rumput sisa panen hingga membuat pematang. 

"Hampir 80 persen lahan petani di Lebong Sakti ini sudah dibersihkan, karena memang mayoritas usai melakukan panen, petani banyak yang berkolam ikan. Sehingga saat tiba musim tanam petani tidak terlalu repot untuk membersihkan lahan mereka," ujarnya. 

Dia menambahkan, dalam pengolahan lahan sendiri pihaknya tidak terlalu mengalami kesulitan, karena pasokan air sangat mencukupi. Apalagi dalam beberapa bulan terakhir Lebong terus diguyuri musim penghujan. 

"Alhamdulillah, sejauh ini tidak ada kendala mengenai persedian air, karena memang ssat musim penghujan ini pasokan air sangat aman. Mudah-mudahan mulai dari penanaman hingga musim panen nanti tidak ada serangan hama yang mengganggu tanaman padi petani," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: