Cegah Terorisme, Polres BU Gelar FGD dengan Narsum dari Divhumas Polri

Cegah Terorisme, Polres BU Gelar FGD dengan Narsum dari Divhumas Polri

Acara FGD yang digelar Polres Bengkulu Utara dengan narasumber dari Divhumas Polri.-Foto Firdaus Effendi/radarlebong-radarlebong.id

BENGKULU UTARA, RADARLEBONG.ID - Polres Bengkulu Utara sangat serius menyikapi isu terorisme di Bengkulu Utara. 

Tidak tanggung tanggung, demi keamanan di daerah ini, pihaknya Polres BU menggelar Forum Focus Group Discussion (FGD) yang langsung dihadiri oleh Tim Divisi Humas (Divhumas) Polri yang diketuai AKBP. Gatot Hendro Hartono, S.E., M.Si bersama Nasir Abas selaku narasumber.

Giat yang dilaksanakan di aula Polres tersebut, dihadiri Kapolres Bengkulu Utara AKBP Andy Pramudya Wardana, S.I.K, M.M. dan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat serta mahasiswa setempat.

Dalam penyampaiannya, Nasir Abbas mantan Ketua Mantiqi 3 Jamaah Islamiyah saat menyampaikan materi, bercerita tentang pengalaman masa lalunya saat berada di Akademi Militer Afghanistan selama tiga tahun, saat di Philipina dan tempat lainnya.

BACA JUGA:Lazismu Bengkulu Utara Bagi-Bagi Gerobak dan Sembako

Selain itu, setiap masyarakat berpotensi direkrut oleh kelompok teroris dan kelompok radikal mulai dari diberikan pemahaman yang salah, oleh karenanya kepolisian terus memberikan pemahaman dan sosialisasi ke masyarakat di seluruh Indonesia tentang bahayanya pemahaman terorisme dan radikalisme.

"Teroris adalah musuh bersama. Penanggulangan terorisme dan radikalisme tidak bisa dilaksanakan sendiri oleh kepolisian, namun harus dibantu oleh seluruh elemen masyarakat. Sejauh ini, ada tiga tahapan perilaku masyarakat menuju ke terorisme. Pertama intoleran, kemudian radikal lalu puncaknya menjadi teroris," ujarnya.

Ia pun berpesan, agar Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika diperkuat dan dipegang teguh oleh masyarakat, karena dua hal tersebut merupakan senjata utama untuk melawan terorisme dan radikalisme.

Dalam kegiatan tersebut seluruh peserta Focus Group Discussion (FGD) sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang bertanya dan memberikan tanggapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: