Peringatan 10 Muharram, Desa Lebong Tambang Gelar Hajat Bumi

Peringatan 10 Muharram, Desa Lebong Tambang Gelar Hajat Bumi

HAJAT BUMI : Peringatan Hajat Bumi digelar serentak 5 Dusun Desa Lebong Tambang, kemarin.-foto redaksi/radarlebong.disway.id-

LEBONG UTARA, RADARLEBONG.DISWAY.ID - Jika di Provinsi Bengkulu bertepatan dengan 10 Muharram 1444 Hijriah berlangsung perayaan ritual Tabut Terbuang.

Namun, lain halnya yang dilakukan oleh Pemerintah Desa Lebong Tambang Kecamatan Lebong Utara ini yang memaknai 10 Muharram 1444 H dengan mengelar ritual Hajat Bumi.

Peringatan Hajat Bumi inipun digelar serentak 5 dusun yang dilaksanakan usai Ba'da Dzuhur dan disambut antusias oleh warga desa sekitar.

BACA JUGA:Keterlaluan, Kuburan Jadi Tempat Isap Lem dan Mabuk-Mabukan

Terlihat, acara hajat bumi diawali dengan dikumpulkannya semua makanan, minuman, dan hasil bumi lainnya yang dibentang ditikar sembari memanjatkan doa puji syukur dengan dipandu Ustaz/Imam, atau Pemuka Agama desa setempat

Kepala Desa Lebong Tambang Mispon mengatakan peringatan Hajat Bumi rutin dilaksanakan setiap 10 Muharram setiap tahunnya.

Ritual hajat bumi tersebut, lanjut Kades, sebagai bentuk ucapan rasa syukur atas rahmat rezeki yang diberikan untuk keberkahan warga desa.

" Alhamdulillah, acara hajat bumi yang diselenggarakan di tiap dusun berjalan lancar. Hajat Bumi ini tidak lain, sebagai bentuk ucapan terima kasih atas limpahan rezeki pada Allah SWT,"singkat Kades.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: