Wujudkan Lebong Qur'ani, MDA Al-Falah Cetak Hafiz Qur'an

Wujudkan Lebong Qur'ani, MDA Al-Falah Cetak Hafiz Qur'an

Qur'an: Wisuda Hafiz dan Hafizah Al-Qur'an MDA Al-Falah Angkatan ke-III.-foto Debi Antoni/radar lebong-Radar Lebong

LEBONG, RADARLEBONG.DISWAY.ID - Meski hanya sebuah lembaga non formal dengan segala keterbatasannya, namun Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) Al-Falah, sukses mencetak puluhan Hafiz (penghafal) Al-Qur'an di Kabupaten Lebong.

Puluhan Hafidz Qur'an yang masih berusia remaja bahkan anak-anak ini, di wisuda kemarin (7/8) setelah mengikuti ujian yang ketat.

Ketua Yayasan DTQ Al-Falah Lebong, Abi Suratman, A.Md, menjelaskan wisuda yang digelar ini merupakan wisuda angkata ke III MDA Al-Falah yakni sebanyak 23 orang penghafal Al-Quran 5 juz diantaranya Juz 1, 2, 28, 29 dan Juz 30.

"Pada angkatan pertama ada 9 anak yang kita wisuda dan angkatan kedua ada 15 anak. Dan Alhamdulillah, angkatan ketiga kali ini jumlah anak-anak yang Hafiz Qur'an bertambah," katanya. 

BACA JUGA:Soal Tabat, Pemkab Lebong Kembali Surati Kemendagri

Menurutnya, menghafal Al-Qur'an tidak lah sulit bahkan sangat mudah jika dikerjakan dengan ikhlas.

Namun, untuk menjadi penghafal Al-Qur'an wajib untuk bisa membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar sesuai dengan tajwid serta beberapa ketentuan lainnya. 

"Metode yang kami gunakan dalam membimbing anak-anak agar bisa menghafal sekaligus memahami ayat-ayat Al-Qur'an dengan menggunakan Al-Qur'an Hufaz yang dibuat khusus untuk hafalan. Ini akan semakin memudahkan anak-anak bahkan semua kalangan untuk menghafal Al-Qur'an karena di dalamnya sudah di desain per kotak," jelasnya. 

Meski hanya merupakan lembaga non formal atau layaknya kegiatan les tambahan bagi anak-anak, namun ia menilai jika saat ini antusiasme masyarakat untuk menjadikan anak-anak mereka menjadi Hafiz Qur'an terus meningkat. 

"Kita berharap dengan terus bertambahnya jumlah Hafiz Qur'an yang merupakan putra-putri Kabupaten Lebong ini, kedepan bisa menjadi generasi Qur'ani di Kabupaten Lebong dan tentunya bisa membawa kebaikan bagi Lebong dan kita semua," harapnya. 

Pantauan dilapangan kemarin, wisuda puluhan Hafiz dan Hafizah ini juga dihadiri oleh orang tua santri. Suasana haru pun begitu terasa ketika Hafiz dan Hafizah ini memberikan mahkota kepada ibu dan bapak mereka. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: