Meski Berdesakan, Jamaah Haji Lebong Lontar Jumroh Dengan Lancar

Meski Berdesakan, Jamaah Haji Lebong Lontar Jumroh Dengan Lancar

Pelunasan Haji 2023 dimulai 11 april hingga 5 mei mendatang.-Foto Ist-Foto Ist

LEBONG, radarlebong.disway.id - 43 jamaah haji asal Kabupaten Lebong saat ini dipastikan sudah melaksanakan proses melempar jumroh di Jamarat, Mina yang merupakan bagian dari puncak ibadah haji.

Meski berdesak-desakan dengan ribuan jamaah haji lainnya, namun proses melempar jumroh ini berjalan lancar dan seluruh jamaah haji Lebong dipastikan dalam kondisi sehat. 

"Alhamdulillah, Sabtu (10/7) malam yang lalu kami semua sudah selesai melakukan lempar jumrah. Meski dalam prosesnya sempat terjadi desak-desakan dengan jamaah haji dari daerah lain, tapi semuanya berjalan lancar dan kami semua dalam kondisi sehat," kata Ketua Rombongan (Karom) Kabupaten Lebong, Edi Suhanda, S.Pd.

Selain itu, lanjutnya, saat ini jamaah haji Lebong juga sudah melakukan tahallul awal atau mencukur beberapa helai rambut yang menandakan gugurnya sebagian larangan ibadah haji.

BACA JUGA:Cek Arah Kiblat, 15 dan 16 Juli 2022 Matahari Melintas di Atas Ka`bah

Pada tahallul ini, jamaah haji boleh melakuan beberapa aktivitas seperti memakai wewangian, mandi, berganti pakaian, dan lain-lain.

"Setelah ini kami semua akan kembali ke Mekkah dan pada Rabu akan melakukan Tawaf Ifadah dan Sa'i selama 2 hari," lanjutnya. 

Pada 18 juli mendatang sebelum pulang ke tanah air, jamaah haji lebih dulu akan melaksanakan Tawaf Wada atau Tawaf Perpisahan dan selanjutnya dijadwalkan pulang ke tanah air dari Arab Saudi pada 20 Juli mendatang. 

"Mungkin Kamis (14/7) malam, kami semua sudah sampai di Lebong. Doakan kami semoga tetap dalam keadaan sehat dan selamat dalam perjalanan pulang hingga sampai ke Lebong," singkatnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: